Tipu 500 TNI/Polri dengan Sporadik Palsu, Oknum Honorer Ditangkap

Eksekutif Hukum & Kriminal Mamuju Tengah Nasional News
Bagikan

MAMUJU TENGAH,LINI1.COM – Diduga menipu warga hingga oknum tni/polri dengan cara menerbitkan poradik palsu, seorang oknum tenaga honorer di Kantor Polisi Kehutanan Kabupaten Mamuju Tengah, diamankan anggota TNI Kodim 1418 Mamuju, Rabu (26/9/2018). Dari pengakuan pelaku hingga kini korbannya sudah mencapai 500 orang yang terdiri dari anggota tni/polri dan masyarakat biasa. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku diserahkan ke kantor polres mamuju bersama sejumlah dokumen sporadik palsu lengkap dengan stempel palsu.

Oknum tenaga honorer di kantor Polisi Kehutanan Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat berinisial AT  ini terpaksa diamankan anggota TNI Kodim 1418 Mamuju, lantaran pelaku diduga telah melakukan penipuan dengan cara memalsukan sporadik tanah seluas 2 hektar.

Penangkapan pelaku pemalsuan tersebut bermula dari adanya korban sejumlah anggota Kodim 1418 Mamuju yang curiga dengan sporadik yang diterbitkn sendiri oleh tersangka. Korban yang menerima sporadik plasu tersebut curgai lalu menyelidiki kasus ini. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokumen sporadik tersebut diduga palsu dan dicetak sendiri oleh pelaku dengan memalsukan tandangan kepala desa hingga stempel.

Seperti pengakuan tersangka, ia mengiming-imingi korbannya dengan sporadik tanah 1 kapling dengan biaya sebesar 400 ribu yang bisa dibayar dengan cara dicicil. Pelaku yang sudah mulai melakukan aksi penipuannya dari tahun 2016 hingga 2018 ini sudah tercatat sebanyak 500 orang yang menjadi korbannya. Padahal tanah yang dijanjikan pelaku tidak ada.

Pelaksana harian pasi intel kodim 1418 Mamuju, Letnan II Inf. Makmur menyebutkan berdasarkan dokumen administrasi pelaku korbannya mencapai sekitar 500 orang termasuk masyarakat biasa hingga tni/polri.

“Kalau dari catatannya korbannya ini mencapai 500-an termasuk masyarakat dan oknum TNI/Polri yang jadi korbannya. Selain mengamankan pelakunya juga baran bukti stempel dna puluhan sporadik palsu,”jelas Letnan II Inf. Makmur, pelaksana harian pasi intel Kodim 1418 Mamuju.

OKNUM TENAGA HORER DITANGKAP

Selain mengamankan pelaku, TNI juga mengamankan barang bukti berupa puluhan sporadik palsu yang siap derahkan kepada korbannya, 1 buah stempel dan sejumlah dokumen lainnya yang juga diduga palsu.

Hingga kini polisi masih menyelidiki apakah oknum tenaga honorer di polisi kehutanan ini bekerja seorang diri atau melibtakan pelku lain dalam memuluskan aksi penipuannya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku kasus pemalsuan sporadik tersebut diserahkan ke Polres Metro Mamuju. Tersangka dijemput oleh sejumlah anggota polisi di Markas Kodim 1418 Mamuju. (MTENG-08).

 

Tipu 500 TNI/Polri dengan Sporadik Palsu, Oknum Honorer Ditangkap

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *