Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Teliti Retakan Tanah dan Bangunan Akibat Gempa Mamasa

Bencana Alam Gempa Mamasa Nasional News Penomena Alam
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Tim Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melakukan penelitian terhadap kerusakan bangunan dan kondisi tanah, saat gempa beruntun masih terus mengguncang bumi kondosapata, Mamasa dan wilayah sekitarnya, sejak tiga pekan terakhir. Penelitian ini nantinya akan memastian penyebab terjadinya gempa beruntun di Mamasa apakah akibat sesar atau bukan.

Untuk mengetahui damak keruakan seperti retakan bumi dna bangunan pasca diguncang gempa beruntun seja dua pekan terakhir, tim penyelidik dari Badan Geologi melakukan penyelidikan  kerusakan bangunan di sejulah titik lokasi, termasuk kondisi tanah pasca gempa menggunakan alat mikrotremor.

Cecep Solaeman, Tim Vulkanologi Menjelaskan, Penelitian Dampak Gempa menggunakan  alat mikrotremor dilakukan untuk mengukur frekuensi getaran tanah dan bangunan yang ditimbulkan gempa. Metode penyelidikan ini dilakukan dengan cara melihat langsung retakan tanah dan bangunan di belsna titik terdampak gempa.

“Ada puluhan titik lokasi kita selidiki menggunakan alat mikotremor untuk mengetahui penyebab gempa Mamasa apakag akibat sesar atau bukan,”jelas Kepala tim penyelidik bumi madia, badan geologi, cecep solaeman

0753011182_SULBAR_BADAN GEOLOGI TELITI RETAKAN TANAH DAN BANGUNAN DI MAMASA 2A 002

Selain itu, penyelidikan ini juga bertujuan untuk mengetahui karakteristik tanah di mamasa.

Untuk mengetahui penyebab gempa mamasa  apakah diakibatkan sesar atau bukan. Penyelidikan ini akan dilakukan selama tiga hari dengan mengunjungi puuhan titikk lokasi daerah di mamasa.

Meski belum merilis hasil akhir penelitian tim vulkanologi, namun tim beranggotakan 10 orang ini memastan tekstur dan struktur tanah mamasa berupa bebatuan keras tidak berpotensi menimbulkan likuifaksi seperti yang menimpa warga palu akhir september lalu.  (MMAS-03).

 

Tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Teliti Retakan Tanah dan Bangunan Akibat Gempa Mamasa

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *