Tertkendala Kertas, Ribuan Surat Suara Baru Tiba di Kantor KPU Mamasa

Demokrasi KPU Mamasa Nasional News Panwaslu Pemilu Politik Presiden
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA, LINI1.COM – Ribuan surat suara pemilu presiden dan legislatif 2019, baru tiba di kantor KPUD Mamasa, Sulawesi barat, Minggu malam (31/3/2019). Surat suara presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, DPR kabupaten kota tersebut di angkut menggunakan 3 mobil kontainer. KPU mamasa semula dijadwalkan akan menerima surat suara per 25 maret lalu, namun baru tiba di kantor kpu mamasa minggu malam. Dokumen pemilu ini diberangkatkan dari percetakan, PT adi perkasa makassar dengan pengawalan ketata petugas.

Distribusi surat suara ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dan tni dengan senjata lengkap. Sebanayak 586.971 surat presiden, DPD RI, DPR RI, dprd1 dan DPRD2 yang dikemasa dalam 1.003 boks surat suara tiba di kpu mamasa dnegan pengawalam ketata aparat keamanan. Dokumen pemilu tersebut diterimah langsung kpu mamasa, disaksikan bawaslu mamasa dan aparat keolisan mamasa.

Devisi Hukum KPU Mamasa, Sumarlin mengatakan, surat suara yang diterima kpu mamasa berupa suarat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 116.594 lebar, dpd  116.594 lembar/ DPR dapil Sulbar sebanyak 116.594 lembar, DPRD Provinsi Sulbar sebanyak 117.594 lembar, sementara DPRD Kabupaten dapil 1 sebanyak 44.918 lembar, dprd kabupaten dapil ii sebanayak 31.302 lembar,  dapil iii sebanyak 43.375 lembar. Total surat suara sebanyak 586.971 lembar.

 

Tertkendala Kertas, Ribuan Surat Suara Baru Tiba di Kantor KPU Mamasa

 

Kertas suara yang tiba di kpu mamasa, langsung diamankan dan disimpan di gudang kantor kpu mamasa. Rencannaya kpud mamasa akan langsung melakukan penyortiran dna peliptana surat suara senin (1/4/2019) hari ini. Sebelum di distribusi ke sejumlah kecamatan dan desa di wilayah kabupaten mamasa.

“Rencabnaya hari iin akan langsung digelar penyortiran dna pelipatan surat suara agar bisa mengejar  target sebelum hari H Pemilu,”jelas Sumarlin, Devisi Hukum Kpu Mamasa.

Sementara, Kabang Ops Polres Mamasa, Akp Alfiando Papona   mengatakan, pengawalan surat suara dari percetakan di makasar hingga kpud mamasa mendapat pengawalan ketata aparat kepolisian.

“Dokumen pemilu ini kita kawal ketat sejak dari Makassar hingga ke Mamasa, termasuk saat proses evakuasi ke gudang KPU Mamasa,”jelas Akp Alfiando Papona, Kabang Ops Polres Mamasa

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Pihaknya menurunkan sebanyak 9 personil dengan senjata lengkap mengawal surat suara mulai dari makassar hingga tiba di KPU Mamasa Minggu malam. Selama proses pembongkaran dokumen pemilu dari kontainer ke gudang kpud mamasa mendapat pengawalam sekitar 30 personil yang yang sudah disiapkan.

Meski terlambat dari jadwal semula yang direncanakan tiba di KPUD Mamasa per 25 Maret 2019 lalu, KPUD Mamasa menargetakan proses sortir dan pelipatan surat suara bisa rampung sebelum hari H 17 april 2019 mendatang. KPU Mamasa akan memaksimalkan waktu ayng tersisa sebelum seluruh dokumen pemilu tersbeut didistribusikan ke tps menjelang pemilu. (NM-09)


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *