Tertimpa Longsor Pemilik Rumah Berlarian Selamatkan Diri

Bencana Alam Lingkungan Longsor Mamasa Nasional News
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Lantaran tertimpa longsor saat diguyur hujan deras, pemilik rumah dan anak-anak di Kecamatan Tabulahan, Mamasa Sulawesi Barat panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Meski pemilik rumah selamat namun rumahnya hancur dan berges digusur timbunan longsor, Selasa (16/10/2018). Sementara akses Jalan Mamasa-Mamuju yang sejak kemarin hari inI sudah terhubung kembai setelah sebuah alat berat terus bekerja siang malam untuk mengevakuasi material longsor yang memutuskan akses jalan.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat sejak dua hari terakhir menyebkan belasan titik longsor di jalur Mamasa-Mamuju maupun jalur Mamasa-Polewali Mandar.

Lima rumah warga di sepanjang jalur Mamasa-Mamuju rusak tertimpa longsor. Sebuah rumah warga yang terletak di pinggir tebing di Kecamatan Tabulahan Mamasa misalnya, hancur tertimpa longsor hingga bergeser dari tempatnya.

Pemilik rumah yang panik mendengar suara gemuruh dan reruntuhan batu yang menima atap rumahnya langusng berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan keluarga mereka.

Warga yang juga saksi mata, Metuzalak menyebutkan, sebelum longsor menimpa rumah warga sempat terdengar suara gemuruh hingga penghuni rumah dan anak-anaknya yang panik berlarian keluar rumah.

“Sebelum longsor ada suara gemuruh, untung pemlik rumah dan anak-anaknya langsung berlarian keluar rumah,”jelas Metuzalak, warga yang juga saksi mata.

vdio 1 001

Meski tak ada korban jiwa, namun rumah warga yang rusak tertimpa longsor ini terpaksa ditinggalkan peghuninya. Mereka terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya di desa tetangga lantaran rumahya tak bisa dihuni lagi.

Pemerintah desa setempat telah turun tangan melakukan pendataan korban, termasuk rumah yang rusak di beberapa lokasi.

Kepala Dusun setempat, Irna Sri Utari menyebutkan ada sedikitnya lima rumah warga di wilayahnya rusak akibat tertimpa longsor, namun semua pemilik rumah yang terkena bencana alam selamat, karena mereka umumnya berlarian keluar rumah sebelu ongsor menimpa rumah mereka.

“Kalau di wilayah sini adasekitar5 rumah yang tertipa longsor, tapi semua penghuninya selamat karena melarikan diri keluar rumah sebelum longsor menimpa rumah mereka,”jelas Irna Sri Utari, Kepala Dusun setempat

Selain merusak rumah-rumah warga, hujan deras yang menyebabkan banjir juga merusak sawah dan kebun warga di tempat itu. Untuk menghindari jatuhnya korban, beberapa warga termenungsi ke rumah kerabatnya di tempat itu.

Sementara akses jalan Mamasa-Mamuju sepanjang 300 meter yang tertimbun ribun kubik material longsor hari ini terhubung kembali setelah sebua alat berat bekerja saing dan malam mengeevakusi material longsor yang menutup akses jalan hingga kendaraan terjebak dari dua arah.

Seperti diberitakan sebelumya, belasan titik longsor yang memutus akses jalan membuat ribaun kendaran yang lalau lalang dari dua arah di jalur ini terjebak longsor berjam-jam. Sebagian penendaratepaksa ermalam di jlaan karena tak bisa melanjutkan perjalanan mereka ke tujuan karena terhalang longsor.

Warga berharap pemerintah menyedikan alat berat di sejumlah jalur rawan longsor di mamasa agar bencana alam seperti logsor yang setiap saat terjadi terutama saat hujan deras bisa segera di atasi atau ditangani pihak berkompeten. (MMAS-013).

 

Tertimpa Longsor Pemilik Rumah Berlarian Selamatkan Diri

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *