Tersengat Listrik Tegangan Tinggi, Pekerja Reklmae Tergantung 2 jam di Atas Papan Reklame

Bencana Alam Majene Nasional News Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Seorang pekerja yang tengah memasang spanduk reklame sebuah perusahaan rokok kretek mengalami kritis setelah kesetrum kabel listrik bertegangan tinggi di jalan trans sulaweis tepatnya di jalan andi depu Polewali Mandar sulawesi barat

Minggu petang (13/10/2019). Korban sempat tergelantung sekitar dua jam diatas papan reklame sebelum akhirnya diselamatkan dan dievakuasi petugas dari PLN Polewali yang tiba di lokasi.

Korban bernama Budiman (32), pekerja asala kabupaten Majene ini tampak lemas setelah badanya terserangt tegangan tinggi. Beruntung saat ia tengah memasang reklame iklan rokok berukuran raksasa ssetinggi belasna meter tersebut menggunkana alata pengaman hingga tidak langsung terlempar ke tanah saat terstrum listrik.

Warga dan pengendara yang menyaksikan kejadian tersebut sempat berinisiatif memberi pertolongan, Namun mereka juga takut mendekat apalagi memanjat papan reklmae setinggi belasan meter itu karena kesetrum. Warga lalu menghubungi petugas PLN dan aparat kepolisian setempat.

Menurut Dian, warga sekitar mengatakan, sebelumnya, terdengar suara ledakan dari atas papan reklame, Korban yang tegah bekerja memasang spanduk bersama seorang rekannya. Jarak antara kabel induk dengan papan reklame tersebut hanya sekitar satu meter. Kuat dugaan, korban tanpa sengaja menyentuh kabel induk atau ada kabel telanjang di atas papan reklame tersebut hingga mereka kesetrum.

“Lama sekalu tadi itu kasihan tergantung diatas, karena susah dievakuasi”kata Dian, saksi mata di lokasi.

Korban mengalami beberapa luka di bagian tubuhnya. Kondisi korban mengalami kritis dan terkulai lemah saat dievakuasi warag dna petugas ke rumah sakit setempat. Korban di evakuasi menggunakan mobil patroli milik polisi menuju rumah sakit umum daerah polewali untuk mendapatkan pertolongan medis.

Anto, salah satu petugas PLN yang telah melakukan evakuasi mengatakan, belum mengetahui kabel mana yang menyebabkan korban terkena setrum. Dirinya hanay berupaya menyelamatkan korban yang sempat tergantung di atas  papan reklame setelah terjatuh kesetrum listrik

“Kami belum tahu, apakah kabel induk ini atau kabel dari kilometer yang berada di papan reklame tersebut,”katanya.

Sebelum melakukan proses evkuaai untuk menyelamatkan korban, petugas PLN telah memutuskan arus listrik tegangan tinggi yang melintas di atas di papan reklame tersebut untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Kepala PLN Sandy Sanggaria mengatakan, kabel rangkaian tersebut bertegangan tinggi 20.000 volt sehingga sangat beresiko terkena setrum. Sandy menjelaskan, bahwa Right of way (ROW) atau Jarak aman itu sekitar 2,5 meter dari kabel jaringan.

“Jarak sangat dekat dari kabel jaringan. Kita lihat tadi balihonya ada terbakar, berarti dugaan bisa tersentuh dengan kabel,”katanya.

Pihak PLN menghimbau kepada warga agar tetap berhati-hati dan waspada saat melakukan aktivitas di daerah yang dekat dengan rangkaian jaringan kabel jaringan kabel terutama listrik tegnagan tinggi karena snagat beresiko. Pihak PLN juga akan menyurat kepada pihak pemilik papan reklame untuk memindahkan papan reklame tersebut dari zona aman.  (MN-03)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *