Terisolir Banjir, Warga Pasangkayu Dievakuasi ke Dataran Tinggi yang Aman

Banjir Bencana Alam Nasional News Pasangkayu Pengungsi Penyakit Sembako
Bagikan

PASANGKAYU,LINI1.COM – Puluhan kepala keluarga dan anak-anak yang terisolir banjir di Pasangkayu, Sulawesi Barat sejak 10 hari terakhir dievauasi petugas polres pasangkayu ke dataran tinggi yang lebih aman dari banjir, Kamis (22/11/2018). Pemerintah akan mendirikan posko darurat untuk menampung para pengungsi dari desa sinar wajo pasangkayu yang selama ini mengeluh karena kesulitan pasokan makanan dan air bersih lantaran pemukiman mereka terkurung banjir hingga tak bisa beraktifitas.

Setelah hampir dua pekan terendam banjir hingga tidak bisa beraktifitas apa pun, puluhan warga desa karya bersama terutama di Dusun Sinar Wajo, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat dievakuasi petugas secara bertahap.

Kapolres Mamuju Utara Akbp Made Ary Pradana yang didampingi kapolsek pasangkayu, berusaha menerobos derasnya banjir menggunakan mobil patroli polisi masuk ke dusun sinar wajo, salah satu wilayah terparah yang dilanda banjir sejak dua pekan terakhir.

Menurut Kapolres sejak warga terkurung banjir hingag kini belum bisa beraktifitas karena pemukiman mereka teennag banjir. Untuk langkah awal kepolisan akan membangun tenda darurat untuk menampung warga korban banjir termasuk menyaipkan kebutha sembako bagi korban banjir.

“Kita telah berkoordinasi dnegan kepala desa dna hari in kita kembali lakukan survey. Dan ternyata hinga kini warga korban banjir belum bisa beraktifitas. Mereka akan kita tampung di pengungsian termasuk menyedikan logistik pengungsi,”jelas Akbp Made Ary Pradana, Kapolres Matra.

0752211183_SULBAR_TERISOLIR BANJIR, WARGA PASANGKAYU DIEVAKUASI 2A 004

Setelah sempat menjangkau wilayah terparah yang terpapar banjir sejak dua pekan terakhir, akibat jeblnya tanggul sungai pasangkayu, sejumlah kepala keluarga kemudian dievakuasi petugas menggunakan mobil patroli sat lantas polres mamuju utara keluar dari desa mereka ke dataran tinggi yang aman dari banjir.

Pemda pasangkayu dan kepolisian Polres Mamuju Utara juga akan mendirikan tenda-tenda darurat di sekitar lokasi banjir di dusun marambeau agar bisa jai tepat pengungsian warag yang stres akibat terkurung banjir dan tak bisa beraktifitas sejak dua pekan terakhir.

Meski telah dievakuasi kepolisian, hingga kini pihak pemerintah daerah belum kunjung memberikan bantuan terhadap korban banjir di dua dusun di desa karya bersama.

Para korban banjir yang stres, berharap perhatian serius aparat pemerintah setempat untuk membenahi tanggul sungai pasangkayu yang menjadi pemicu genagan banjir di pemukiman warga, selama dua tahun terakhir, segera dibenahi agar warga tidak lagi resah dikurung banjir terutama setap musim hujan. (MPASANG-011).

 

Terisolir Banjir, Warga Pasangkayu Dievakuasi ke Dataran Tinggi yang Aman

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *