Tolak Pungli, Puluhan Siswa Ngamuk Sambil Pecahkan Kantor Diknas Sulbar

Hukum & Kriminal Mamuju Nasional News Pendidikan Pungli
Bagikan
  • 2
    Shares

MAMUJU,LINI1.COM – Aksi unjuk rasa ratusan mantan siswa SMK kakau Mamuju Sulawesi Barat memperotes pratek pungli di sekolahnya berkahir ricuh. Sejumlah pengunjuk rasa yang kecewa tak ditemui Kadis Pendidikan Sular sempat mebanting sejumlah kursi tamu hingga memecahka kaca-kaca rungan kadis. Polisi yang berusaha mengamankan seorang pengunjuk rasa terduga pelaku pengrusakan fasilitas umum tersebut mendapat perlawanan siswa. Ratusan siswa yang menolak rekannya di bawa polisi terlibat aksi saling dorong dan saling tarik hinggga berbuntut kericuhan, senin (22/102018).

Ratusan siswa SMK Kakau Mamuju, Sulawesi Barat menggelar aksi demonstrasi di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Ricuh, Senin (22/10/2018). Kericuhan dipicu lantaran kepala Opd terkait tidak berada di tempat. 

Siswa yang memprotes pratek pungli dan menuntut kepala sekolah mereka di copot tersebut,   sempat melampiaskan kekecewaan mereka dengan cara memecahkan kaca-kaca pintu ruangan Kepala Dinas Pendidikan Sulbar. Sejumlah kursi di kantor tersebut dibanting di lantai.

Kericuhan kembali terjadi saat ratusan massa aksi tidak terima salah satu rekan mereka diamankan petugas karena diduga terlibat melakukan pengerusakan di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulaweis Barat. Ratusan siswa terlibat saling tarik dan berusaha menggagalkan upaya petugas engamankan salah satu siswa yang diduga sebagai pelaku pengrusakan.

Kerucuhan ini bermula ketika aksi unjuk rasa menyampaikan aspirasi mreka mulanya bertalangsung tertib di depan Kantor Diknas Sublbar Senin Siang.

Namun aksi menuntut Kepala Sekolah Smk kakau yang diduga terlibat praktek pungli uang ijazah tersebt kecewa karena mereka tak kunjung ditemui kepala dinas pendidkan, para siswa yang tersulut emosi ini nekad menerobos barisan petugas yang mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

Para siswa yang menoros masuk ke ruang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk bertemu langsung dengan kadis pendidikan sulbar untuk menyamapikan tuntutan  pencopotan kepala sekolah smk kakao karena telah diduga melakukan praktek pungli pengambilan ijazah.

Karena yang bersangkutan tidak berada di tempat krena alasan sedang dinas luar. Siswa yang kecewa kemudian melakukan kekecewaan mereka dengan caramerusakan dan mebanting sejumah kursi di ruangan hingga rusk peot. Sejumlah kaca-kaca rungan kadis dipecahkan.

Ahyar, korlap aksi menyatakan kedatangan mereka ke Kantor Dinas Propinsi untuk menyampikan tuntutan pencopotan Kepala Sekolah SMK Kakau Mamuju yang diduga menodai wajah pendidikan dengan cara melakukan dugaan praktek pungli pengambilan ijazah di sekolah mereka. Para siswa yang tamat diwajibkan membayar ratusan ribu rupiah untuk bisa mengambil ijazahnya.

“Jika kepala dinas tidak merespon tuntutan kami untuk mencopot kepala sekolah yang diduga melakukan prakte pungli pengambilam ijazah siswa kami akan terus melakukan aksi di kantor dinas dan akan melakukan mogok belajar,”jelas Ahyar, korlap

Meski tak bertemu dengan kepala dinas pendidikan, para siswa menyatakan akan kembali menggelar aksi serupa di kantor diknas untuk menyampaikan tuntutan yang sama.

Akibat aksi kericuhan di kantor ersebut kaca-kacapintu utama ruang kerja kepala dinas rusak  dan sejumlah meja dan kursi masih berserakan di lokasi. (MMJU-05).

 

Tahan Siswa Terduga Perusak Kantor Diknas Polisi Mendapat Perlawanan Siswa

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *