Panik dan Berhamburan Diguncang Gempa, Pasien RS Manakarra Digendong Keluar Gedung

Bencana Alam Gakkumdu Mamasa Mamuju Nasional News Pengungsi Sulawesi
Bagikan
  • 1
    Share

MAMUJU,LINI1.COM –  Suasana kepanikan melanda pasien Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju, Sulawesi Barat, saat gempa berkekuatan 5,2 sr kembali mengguncang sekitar pukul 17:42 wita, Rabu (7/11/2018) petang kemarin. Pasien dan keluarganya tampak histeris dan berhamburan keluar rumah sakit menyelamatkan diri. Sejumlah keluarga pasien terlihat terpaksa menggendong keluarganya keluar gedung karena kawatir tertimpa reruntuhan. Sejumlah pasien lainya digendong keluarganya dengan suasah payah meninggalkan gedung.

Beginilah suasana kepanikan ratusan pasien di Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju, Sulawesi Barat Rabu Petag. Kepanikan tersebut diakibatkan gempa berkekuatan 5,2 sr yang terjadi sekitar pukul 17:42 wita tiba-tiba menguncang keras. Ratusan pasien yang panik di rumah sakit tersebut berhamburan keluar dari rumah sakit untuk menyelamatkan diri.

Sejumlah pasien yang panik dan tidak berkonsentrasi saat berlarian menyelamatkan diri keluar dari gedung sempat bertabrakan dengan pasien lainnya. Dokter dan managemen rumah sakit tampak terlihat  berusaha menengakan pasien dan keluarganya yang panik dan berhamburan keluar gedung.

Dokter dan perawat yang bertugas tampak kalang kabut membantu evakusi ratusan pasein yang berada di dalam rumah sakit.

Sejumlah keluarga pasien yang panik dan bingung tampak menggendong keluarga mereka dengan susah payah keluar dari rumah sakit untuk mneyelamatkan diri. Pasien dan keluarganya khawatir tertimpa rerunthan gedung lantaran getaran gempa yang keras membuat gedung dan jendela tampa bergetarkers saat gempa tengah berlangsung.

Bahkan sejumlah pasien saat di evakusi dokter dan keluarga Pasein, mengalami sok akibat getaran gempa mag berkekuatan 5,2 yang terpusat didarat tepatnya dikabupaten mamasa dengan Kedalaman 11 km.

Selain itu akibat getaran gempat dasyat tersebut sejumlah pasien di rumah sakit tersebut terpaksa harus di pulangkan keluarganya ke ruamh lebih awal.

111 002

Scurity rs mitra manakarra, supriadi yang ikut mebantu evakuasi pasien menyebutkan pasien dan keluarganya panik lalntaran getaran gepa yang dirasakan cukup kuat menggoyang gedung selama beberapa detik.

“Getaran kempanya sangat keras. Pasien yang takut langsung berhamburan keluar rungan. Petugas ikut mebantu mengevakuasi pasien keluar runagan,”jelas Supriadi, security RS mitra manakarra

Untuk mengantisipasi gempa susulan yang terus terjadi selama enam hari terakhir di mamasa sulawesi barat, kini pasien kini terpaksa dirawat di halaman rumah sakit sementara.

Selaa kemarin pasien juga sempat berhamburan keluar rumah sakit saat diguncang gempa. Mereka sempat dirawat di luar runagn dna ruangan tunggu rumah sakit. Namun baru beberapa jam ia kembali ke ruangan perawatan karena menganggap sudah aman dan tidak gempa lagi, pasien kembali panik dan berlarian tak karuan ke tempat terbuka karena khawatir tertimpa reruntuhan gedung.

Hingg pai ini pasien yang trauma terus diguncang gempa memilih tetap bertahan di luar gedung karena khawatir terjadi gempa susulan kembali. (MJU-08).

 

Panik dan Berhamburan Diguncang Gempa, Pasien RS Manakarra Digendong Keluar Gedung

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *