Sekolah Parkiran

Siswa Belajar di Parkiran, Trotoar Hingga Emperan Sekolah

Majene Nasional News Pendidikan Sulawesi
Bagikan

MAJENE,LINI1.COM – Lantaran tak punya ruangan kelas yang cukup siswa sekolah dasar di Majene, Sulawesi Barat terpaksa belajar di parkiran sekolah, trotoar hingga emperan sekolah. 10 ruangan dari 14 kelas siswa

yang ada tidak mampu menampung jumlah murid atau pendaftar yang membludak. Kondisi tempat belajar yang tidak nyaman membuat siswa cepat lelah dan kehilangan konsentrasi.

Puluhan siswa sekolah dasar negeri 60 lembang majene terpaksa belajar di parkiran sekolah. Ironisnya kondisi kondisi belajar yang memperihationkan ini bukan terjadi di pedalaman. Melainkan di pusat kota Majene. Sekolah ini bahkan terletak hanya satu kilo meter dari kantor dinas pendidikan setempat.

Mereka terpaksa belajar memanfaatkan ruang kosong apa saja seperti tempat parkir, trotoar hingga emperan sekolah, karena ruang kelas yang ada tidak mampu menampung empat ratus lebih murid. Di sekolah ini terdapat dua belas rombongan belajar padahal ruang kelas yang tersedia hanya sepuluh ruangan.

Kondisi ini membuat pihak sekolah mengambil kebijakan menjalankan proses belajar mengajar di parkiran dna ruangan apa saja yang bisa dimanfaatkan. Selain di tempat parkir, pihak sekolah juga memanfaatkan ruang perpustakaan untuk dijadikan ruangan kelas.

Radi, murid kelas II ini misalnya terpaksa belajar dalam keterbatasan tanpa bangku. Radi dan teman-temannya harus duduk melantai dengan menggunakan meja pendek atau lesehan agar mereka tetap bisa belajar mengejar mata pelajaran setiap harinya.

“Jumlah runagan tidak cukup, makanya sebagian belajar di emperan dan parkran sekolah yang diberi dinding terpal,”jelas Radi, kepala SDN 60 Lembang

Pihak sdn 60 lembang berharap pemerintah segera membangun ruangan kelas baru. Pasalnya, kondisi ini membuat tidak nyaman para siswa saat proses pembelajaran berlangsung.

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *