Sapi Kurban Presiden Jokowi Diperiksa Tim Dokter Hewan

Budaya Kesehatan Nasional News Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Sapi kurban jenis simental berbobot satu ton lebih, milik presiden Jokowi diperiksa kesehatannya oleh tim Dokter kesehatan hewan dari Dinas Peternakan dan Pertanian (Distanak) Polewali Mandar

sulawesi barat. Petugas ingin memastikan sapi kurban milik orang nomor satu itu memenuhi syarat kesehatan dan syarat syariat untuk hewan kurban yang akan dipersembahkan Jokowo kepada warga Polewali Mandar pada hari raya kurban Rabu mendatang.

 

Petugas kesehatan Hewan dari Dinas Pertyanian dan Peternakan Polewali Mandar, drh. Isnaniah Bagenda yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan terhadap sapi kurban milik Jokowi di desa sugihwaras, kecamatan wonomulyo, polewali mandar, senin (20/8/2018) memastikan sapi jenis simental milik peternak Lokal Kardiman tersebut telah memenuhi syarat kesehatan, syarat usia maupun syarat syariat Islam lainnya sebagai hewan kurban.

 

Isnaniah menyebutkan, dari segi usia tidak ada masalah karena sapi yang dibeli Jokowi dengan harga pantastis Rp 67 juta rupiah itu sudah menjkelang tiga tahun. Secara pisik juga tak ada masalah. Dari hasil pemeriksaan pisik petugas sapi tersebt dinyatakan tak ada cacat pisik seperti gigi copot, badan tidak simetris, kakai patah dan lainnya.

 

Usai melakukan pemeirksaan pisik petugas Distanak juga telah memberikan setifikat berisi keterangan jika sapi kepada pemilik ternak yang menyatakan sebagai bukti sapi tersebut layak untuk di kurbankan.

 

“Ini setelah diperiksa kami nyatakan layak untuk di kurbankan,” ujarnya

 

Pemilik sapi Kardiman pun terus meningkatkan penjagaan sejak sapi kebanggannya itu dibeli orang nomor satu di Indonesia. Demi menjaga kepercayaan presiden Jokowi, Kardiman tak hanya menggelar ronda malam di kandang sapinya, ia juga mebatasi orang lain yang tidak berkepentingan untuk mendekati kandnag sapinya. Pnegamana  itu menurut Kardiman dilakukan demi menjaga sapi kebanggannya itu agar ia bisa mepersembahkan secara utuh pada hari raya kurban nanti atau diserahkan ke panitia kurban.

 

Agar bobot badannya tidak turun atau bisa naik hingga hari lebaran, Kardiman menjaga pola makan sapi miliknya. Ia bahkan menjadwal makan yang dikontrol secara teratur.

 

Kardiman yang diutanya tangapannya soal sapinya dibeli langsung presidne Jokowi melalaui utusan istana, tampak sumringah. Kardiman mengaku ketiban reski berlipat ganda. Selain sapinya dibeli dengan harga pantastis Rp 67 juta, namun yang tak kalah banganya karena yang membeli bukan orang biasa melainkan presiden Indonesia.

 

“Senang dan bangga. Apalagi yang beli presiden,”tutur Kardiman mengaku bangga dan tampak sumringah ketika ditanya sejumlah wartawan yang mendatangi kandangnya.

 

Rencananya, sapi ini akan di kurbankan pada hari raya idul adha yang akan jatuh tanggal 22 Agustus mendatang. 

 

Tahun lalu pada lebaran idul adha yang sama, presiden Jokowi juga mempersembahkan sapi kurban untuk warga Polewali Mandar yang boboitnya hampir sama yakni satu ton lebih. (KPOL2)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *