Penyu

Ribuan Telur Penyu Membusuk dan Gagal Menetas di Pantai Mampie

Bencana Alam Lingkungan News Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Cuaca buruk disertai gelombang tinggi yang menghantam wilayah pesisir pantai mampie, polewali mandar, sulawesi barat mengakibatkan ribun telur penyu yang tenga menetas di sepanjang bibr pantai rusak dan membusuk.

Calon bayi penyu atau tukik yang belum sempat menetas ini mati dalam cangkang telur sebelum sempat menetas.

 

Telur-telur penyu yang telah siap menetas ini kondisinya menjadi busuk dan berbau. Padahal usianya tinggal beberapa hari memasuki masa panen. Atas kejadian ini sejumlah pemerhati dan pemilik penangkaran penyu gagal melepas tukik atau anak penyu ke tengah laut.

 

Ratusan telur penyu di setiap lubang titik tempat penyu bertelur ini ditemukan membusuk dan gagal mentas, lantaran terendam gelombang pasang di sepanjang pantai mampie sejak beberapa pekan terakhir.

 

Pemerhati penyu sulbar, muh yusri menyebutkan, ribuan telur penyu di sepanjang pantai mampie rusak dan gagal menetas lantaran air pasang yang hingga tempat telur penyu menetas. Selain itu gerusan ombak membuat abrasi yang menyebakan bibir pantai tempat kawanan penyu bertelur, terus gelombang hingga telu-telur penyu yang tersebar di sepanjang pantai rusak dan gagal menetas.

 

“Kita terpaksa merelokasi sebagin telur yang masih bagus ke tempat aman agar bisa menetas. Sebagian lubang telur lainnya kita beri pelindung agar selamat dari gelombang pasang, jelas Muh Yusri, salah satu pemerhati penyu sulbar.

 

Untuk mencegah kematian dan kerusakan telur-telur penyu yang tinggal beberapa hari memasuki masa menetas, sejumlah pengelola penangkaran penyu terpaksa memindahkan telur telur yang masih bagus tersebut ke tempat yang lebih aman  agar bisa menetas dengan baik.

 

Sementara telur yang diperkirakan poisisnya aman dari gelombang pasnag atau abrasi hanya diberi pelindung agar air tidak sampai merendam janin tukik tersebut sebelum neteas dan dilepas kembali ke laut. (KP)

 

Ribuan Telur Penyu Membusuk dan Gagal Menetas di Pantai Mampie

https://youtu.be/VSEmw4q1W64

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *