Perekapan Surat Suara 2 Kecamatan Direlokasi ke Kantor KPUD Mamuju

Demokrasi KPU Mamuju Nasional News Panwaslu Pemilu Presiden
Bagikan

MAMUJU, LINI1.COM –  Dua ppk kecamatan di kabupaten mamuju, sulawesi barat tak bisa menggelar proses rekapitulasi suara di kantor kecamatan setempat, karena tak punya kantor dan gudang penyimpanan kotak suara. Kpud mamuju terpaksa merelokasi dokumen pemilu dari kecamatan mamuju dna simboro tersebut ke kantor kpud mamuju. Agar proses tahapan pemilu bisa berjalan sesuai jadwal, petugas ppk terpaksa menggelar rekapitulasi suara di di gudang kpud mamuju, sabtu (20/4/2019).

Petugas ppk kecamatan mamuju dan simboro kabupaten mamuju sulaweis barat ini menggelar proses rekapitulasi suara di gudnag kpud mamuju, sabtu (20/4/2019).

Kantor kecamatan mamuju di kabupaten mamuju ini tak memiiki gudang yang memungkinkan proses perekapan surat suara dilakukan petugas ppk. Sementara kantor kecamatan simboro malah menyewa ruko sejak kantornya terbakar 2017 silam.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Kotak suara dari kecamatan mamuju dna simboroi ini seharusnya dilakukan perekapan di tingkat kecamatan, sesuai maknisme atau ketentuan kpu, namun hal ini terpksa dilakukan prekapan di gudang logistik kpud mamuju, lantaran dua kecamatan tersebut yakni kecamatan mamuju dna simboro tidak meiliki gudang yang memadai untuk menggelar proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan.

Ketua kpu mamuju, hamdan dangkang menyebutkan, karena kondisi ril di lapangan kedua kecamatan yakni mamuju dna simboro tidak memiliki gudang yang memungkinkan petugas ppk menggelar proses rekafitulasi surat suara sesuai mekanisme yang ada, kpud mamuju terpaks aberinisiatif merelokasi kotak suara dna rekapitulasi ke gudnag kpud mamuju.

“Karena dua kantor kecamatan di Mmauju dan Simboro tidak meiliki aula untuk perekapan, KPU terpaks amerelokasi ke gudnag KPU Mmauju unutk melakukan perekapan. Dan in disetujuai semau satke holder pemilu karena kondisi memang seperti itu,”jelas Hamdan dangkang, ketua kpu mamuju

Menurt hamdan inisiatif kpu mamuju ini mendapat restu semua stake holder pemilu termasuk bawaslu dna kepolisian karena mereka memahami kondisi lapangan saat ini.

Meski proses rekapitulasi tingkat kecamatan atau ppk di lakukan di gudnag kpud mamuju, namun semua proses dan tahapan seperti halnya di ppk lain tetap berjalan sesuai prosedur dan mekanisme yang telah diatur dalam uu pemilu maupun ketentuna kpu ri.

Proses rekapitulasi ayng digelar mulai sabtu pagi tadi ini mendapat pengawalan ketata aparat tni dan kepolisian termasuk bawaslu mamuju. Kpud mamuju memperkirakan proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan untuk semua pemilihan seperti pemilihan presiden, dpr ri, dprd propinsi dan dprd kabupaten serta dpd ri bisa rampung paling lambat esok hari.

Kpud mamuju sendiri terpaks amengelar pemilihan susulan dna pemilihan ulang di enam tps berbeda di mamuju. Lima tps diantaranya di gelar pemilihan suslan mneyusl ditemukannya surat suara yang tertukar de ngan dapil lain, sementar satu tps lainnya terpaksa digelar pemilihan ulamng menyusul tertangkapnya empat bocah yang terbukti mencoblos di tps lebih dari sekali.   (BN-15)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *