Pengungsi Gempa Tsunami Tujuan Makassar dan Pangkep Nyasar Sampai ke Mamasa

Bencana Alam Gempa Mamasa Nasional News Penomena Alam
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Belasan korban gempa tsunami asal Palu dan Donggala Sulawesi Tengah yang mengungsi dari desa mereka pasca gempa tsunami, Jumat pekan lalu, nyasar sampai ke Mamasa Sulawesi Barat, Minggu (7/10/2018). Keluarga yang kebingungan karena kehilangan harta benda dan sejumlah anggota keluarganya tersebut mengikuti gelombang pengungsi tujuan Mamasa, Sulawesi Barat. Meski nyasar pengungsi tujuan Makassa dan Pangkep Sulawesi Selatan besert anak-anak mereka ini tampak tenang kerena mendapat pelayanan dan  jamuan tim relawan di posko pengungsian Mamasa.

Isak tangis pecah saat puluhan pengungsi gelombag kedua asal Palu dan Donggala yang baru tiba di Posko Pengungsian Mamasa disambut tangis haru sanak keluarga yang telah menunggu sejak pagi. Mereka langsung memeluk dan bersyukur karena anggota keluarga mereka selamat dalam bencana gempa tsunami, jumat pekan lalu. Para pengungsi diantara terdapat belasan bayi dan balita. Para pengungsi yang kelalahan dalam perjalanan ini kemudian disuguhi makanan dan minuman oleh tim relawan di posko pengungsian Mamasa.

Namun belasan pengungsi diantaranya bukanlah warga mamasa yag ikut dalam rombongan ini, melainkan pengunsi tujan Makassar dan Pangkep Sulawesi Selatan yang nyasar sampia ke mamasa. Tercatata ada 18 pengungsi diantaranya dikeahui tujuan Makassar dan Pangkep Sulawesi Selatan.

111-11 BINGUNG MEMULAI USAHA DARI MANA 2 006

Zandi, seorang pengungsi korban gempa tsunami asal Palu tujuan Makassar Sulawesi Selatan ini misalnya mengaku terpaksa ikut rombongan pengungsi tujuan Mamasa yang kebetulan menjadi sanak tetangga mereka di palu. Zandi mengatakan, dari pada tambah stres di tengah reruntuhan puing bangunan yang tak bisa ia benai, Zandi dan keluarganya memilih mengungsi sementarasambil berpikir ulang bagaimana meulai kembali hidup selanjutnya dari nol.

Karena tak ada sanak keluarga atau pemerintah asal Makassar yang menjemput dan menyediakan angkutan pengungsi tujuan Makassar, Zandi memilih ikut menumpang dengan pengungsi tujuan Mamasa, yang juga menjadi tetangga dekatnya di palu.

“Daripada tambah stres di tengah tumpukan reruntuhan bangunan, lebih baik saya ikut mengngsi menenangkan pikiran sementara. Sya sekarang lagi berusaha menghubungi keluarga agar bisa datang menjemput kami di Mamasa,”jelas Zandi, korban gempa Sulawesi Tengah asal Makassar

Zandi mengatakan dirinya bersyukur kepada Tuhan, karena bisa menyelamatkan diri dan keluarganya saat gempa tsunami menyapu desa mereka.

111-11 BINGUNG MEMULAI USAHA DARI MANA 2 007

Meski nyasar ke mamasa sulawesi barat, namun menurut Zandi jarak Mamasa-Makassar yang menjadi tujuannya relatif tambah dekat daripada terus bertahan di lokasi bencana yang membuat diri dan keluarnya makin stres. Alasannya hingga kini korban bencana tak bisa beraktifitas apa pun untuk mencari nafkah atau membenahi reruntuhan rumahnya.

Zandi mengaku selanjutnya akan menghubungi keluarganya dari makasar agar ia bisa menjemput di mamasa.

Kordinator tim relawan kemanusian Mamasa, Marthinus Tiranda mengatakan, hingga kini masih banyak warga mamasa di daerah gempa yang membutuhkan makanan dan pakaian. Juga masih banyak warga di daerah gempa asal Mamasa yang ingin pulang dari palu dan donggala, namun karena tujuan utamanya hanya untuk mengantar bantuan logistik, sehingga mereka kekurangan armada mengangangkut korban gempa yang ingin kembali ke mamasa.

“Msih banyak saudara-saudarakita asal Mamasa yang mebutuhkan bantuandi pengungsian. Mreka hendak mengngsi tapi tidak ada sarana angkutan,”jelas Marthinus Tiranda, wakil bupati yag juga koordinator tim kemanusiaan terpadu Mamasa.

Gelombang pengungsi tahap kedua tujuan mamasa ini disambut hangat oleh aparat Pemda Mamasa. Para pengungsi tujuan mamasa kemudian dijemput oleh keluarganya masing-masing untuk diantar ke kampung halama mereka. (MAS-05).

 

Pengungsi Gempa Tsunami Tujuan Makassar dan Pangkep Nyasar Sampai ke Mamasa

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *