Pengungsi Gempa Tidur Seadanya di Lapangan Bola Mamasa

Bencana Alam Gempa Mamasa Nasional News Pengungsi
Bagikan

MAMASA,LINI1.COM – Gempa yang terus mengguncang wilayah Mamasa, Sulawesi Barat dan sekitarnya, sejak lima hari terakhir membuat warga memilih tindakan waspada dengan cara mengungsi ke berbagai lokasi yang diperkirakan aman, jika terjadi gempa susulan. Ratusan warga dan anak-anak di desa lambanan, kecamatan Mamasa misalnya memilih mengungsi ke podium lapangan bola, sedang warga lainnya mengungsi dengan membangun tenda darurat di depan rumahnya. Mereka meninggalkan rumah dan harta benda mereka karena takut terjadi gempa susulan.

Dengan perbekalan seadanya, warga Mamasa bersama anak-anak mereka memilih mengungsi dan menginap di Lapangan Bola Mamasa untuk sementara sampai situasi gempa dinyatakan aman dan tidak terjadi lagi gempa susulan lagi.

Warga yang mengungsi ke lapanga bola memilih tidur sedanya beralaskan tikar bersama kelurga dan anak-anak mereka di lapanga Bola Mamasa yang jauh dari bangunan gedung dan pepohonan tinggi. Tempat ini dinilai warga sebagai tempat aman bagi pengungsi dan keluarganya.

Demmatande, salah satu warga lambanan saat di temui di tempat pengungsian mengatakan, mereka melakukan pengungsian karena takut gempa susulan terus terjadi sejak lima hari terakhir. Terakhir terjadi gempa selasa subu tadi hingga membuat panik ribuan warga mamasa. Mereka berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri dan keluarga termasuk anak-anak mereka ke lapangan teruka.

“Lebih baik waspada  saja, karena beberapa hari terakhir gempa dasyat terus terjadi dan mebuat warga panik. Banyak wraga mengungsi kelapanagn atau depan rumahnya karena dinilai ebih aman,”jelas Demmatande, Pengungsi, Warga Lambanan

11.RISAL PENGUNGSI MALAM – 001

Daud Sattu, Kepala Badan Penganggulangan Benncana Daerah Mamasa, menghimbau pada warga Mamasa agar tidak panik dalam menghadapi gempa, namun tetap waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

“Kita himbau kepada semua warga agar tidak panic dan tetap tenang menghadapi situasi gempa. Pemerintah telah mempersiakan lapangan mamasa sbagai temat pengunsian jika kondisi gempa makin parah, tapi kita brharap ini segera redah,”jells  Daud  Sattu, Kepala Bpbd Mamasa

Untuk mengantisipasi dampak terburuk jika terjadi gempa dasyat hingga warga harus mengngsi, pemerintah telah menyiapkan apangan bola dan taman kota mamasa sebagai lokasi pengungsian.

Pemerintah juga telah siap membangun tenda-tenda darurat jika terjadi pengugsian, namun Demmatande berharap gempa puluhan kai melanda mamasa sejak beberapa hari terakhir tidak mebawa dampak bencana yang lebih buruk dan warga tetap selamat dari bencana.

Sementara warga yang mengungsi dari rumahnya karena khawatir gempa susulan ke berbagai lokasi mengaku cemas rumah yang mereka tinggalkan dalam keadaan kosong khawatir jadi sasaran aksi pencurian oeh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Namun karena alasan waspada dan lebih mengutamakan keselamatan diri dan keluarga, mereka memilih mengungsi dan meninggalkan harta benda mereka ke berbagai lokasi pengungsian yang dinilai aman.

Sementara sejumlah warga mamasa yang tidak bisa tenang sejak wilayah mereka terus diguncang gempa bertubi-tubi selama empat hari terakhir, memilih menungsi keluar daerah dan meninggalkan kampung halamannya sementara. (MMAS-09).

Pengungsi Gempa Tidur Seadanya di Lapangan Bola Mamasa

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *