Pencetakan Surat Suara Pemilu di Sulbar Diundur

Demokrasi Gakkumdu Nasional News Pemilu Pileg Pilkada Presiden
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Pencetakan surat suara atau susu pemilu 17 april 2019 untuk lima kategori surat suara pemilu di seluruh KPUD Kabupaten di Sulawesi Barat diundur hingga waktu yang tidak ditentukan. Keterlambatan pembongkaran bahan baku kertas di percetakan menjadi alasan pengunduran jadwal pencetakan surat suara untuk wilayah Sulawesi Barat.  Surat suara KPUD Kabupaten polman misalnya, seharusnya sudah mulai dicetak per 20 maret 2019, namun hingga Sabtu (23/3/2019) hari ini surat suara tak kunjung di distribuksikan percetakan ke seluruh KPUD Kabupaten di Sulbar.

Habisnya bahan baku kertas di percetakan milik pemenang tender surat suara atau susu pemilu 2019 menyebabkan pencetakan susu dewan perwakilah rakyat atau dpr ri dapil sulbar, dewan perwakilah rakyat daerah atau dprd provinsi sulbar dan dprd kabupaten polman diundur hingga waktu yang tidak ditentukan.

Ketua KPUD Polman, Rudianto mengatakan hasil percakapannya dnegan pihak percetakan di Makassar untuk susu DPR RI daerah pemilihan atau dapil sulbar, DPRD Provinsi Sulbar di tujuh dapil, termasuk DPRD kabupaten polman di lima dapil diundur pencetakannya oleh perusahaan pemenang tender surat suara pemilu untuk wilayah Sulbar.

Pengunduran percetakan surat suara yang menyebakan sejumah agenda tahapan pemilu ikut bergeser disebabkan karena bahan baku kertas di perusahaan percetakan pemenang tender habis , sementara bongkar muat bahan baku surat suara di percetakan juga mengalami keterlambatan.

Berdasarkan tahapan pemilu 2019, jadwalkan percetakan susu pemilu 2019 untuk kabupaten Polman seharusnya dimulai pertanggal 20 maret 2019. Surat suara seluruhnya seharusnya sudah diterima seluruh kpud di sulbar per 25 maret lusa. Sumber di KPUD Polman menyebutkan, kemungkinan surat suara kpud sulbar termasuk polman sesuai percakapannya dneghna pihak perusahana percetakan, diperkirakan baru akan dimulai pada akhir maret 2019, itu aetinya distribhsi surat suara ke KPUD di seluruh kabupaten di Sulbar baru akan tiba pada awal april mendatang, jika rencana tersebut berjalan.

Rudianto menjelaskan, pencetakan susu DPRD RI, DPR Provinsi Sulbar dan DPRD Kabupaten Polman dijadwalkan perusahaan, pada tanggl 1 April 2019 mendatang. Jika bahan baku kertas tiba di perusahaan percetakan di kota makassar, sulsel, 25 Maret 2019 mendatang.

“Beberapa tahapan kegiatan pemillu lainnya dimajukan seperti pengepakan ID Chard petugas PPS dna saksi, tinta dan lainnya lebih dahulu disortir dan diekapak, sedang pelipata suarat suara akan diteoatkan di bagian akhir sebelum distribusi logistik dilakukan,”jelas Ketua KPUD Polman, Rudianto

Agar tidak menghambat seluruh proses tahapan pemilu, KPUD Polman kini berinisiatif memajukan sejumlah agenda tahapan pemilu lainnya seperti penyotiran dan pengepan logistik pemilu yang telah tiba sebelumnya, seperti perlengkapan tempat pemungutan suara atau TPS, yakni ID card kelompok panitia pemungutan suara atau KPPS, formulir pemungutan suara, formulir perhitungan suara, lembaran rekapitulasi hasil perhitungan suara, paku, tinta, alat tulis menulis dan lem.

Sementara jadwal penyortiran dan pengepakan surat suara ditempatkan pada bagian akhir dari seluruh rangkaian persiapan administratif pemilu sebelum seluruh dokumen pemilu tersebut didistribusi ke masing-masing tps sehari sebelum hari h pemilu pada 17 april 2019 mendatang.  (NM-09).

 

Pencetakan Surat Suara Pemilu di Sulbar Diundur

Gabung Bersama di Channel YouTube kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *