Pemuda Mamasa Gelar Upacara HUT RI di Puncak Negeri di Atas Awan

Budaya Inspirasi Mamasa Nasional News
Bagikan

MAMASA,LINI1.COM – Upacara bendera memperingati HUT proklamasi kemerdekaan RI ke 73 yang digelar Komunitas Pemuda Mamasa, Sulawesi Barat di puncak negeri di atas awan, berlangsung khidmad dan heroik, Jumat (17/8/2018). Agar bisa menggelar upacara nasional

secara serentak bertepatan pukul 10.00 wita di seluruh negeri, para pemuda ini sudah meninggalkan kota mamasa, sejak kamis kemarin menuju Puncak Bukit Gunung Liarra Desa Balla Tumuka, Kecamatan Balla Kabupaten Mamasa.

 

Tepat pukul 10.00 wita Jumat Pagi, puluhan komunitas Pemuda Mamasa Sulawesi Barat, puluhan pemuda mamasa memperingati HUT Prokjlamasi RI ke 73 di puncak gunung Liarra, salah satu objek wsiata alam yang lebih populer dikenal sebagai negeri di atas awan, tepatnya Desa Balla Tumuka, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa.

 

Seperti upacara HUT Proklamasi lainnya, upacara yang berlangsung sederhana di puncak bukit tersebut juga diawali dengan laporan kesiapan peserta oleh pemimpin upacara. Pengibaran bnedera yang diiringi lagu indoneisa raya, pembacaan teks pancasila, pembukaan UUD 1945 hingga pembacaan teks proklamasi.

02 004

 

Upacara bendera diatas puncak negeri di atas awan ini selain sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang dna pendiri negeri, juga bertujuan untuk semakin mempopulerkan salah satu objek wisata mamasa alam mamasa yang kini tengah jadi buah bibir karena keindahan pemandangan alamnya.

 

Upacara bendera tak hanya diikuti pemuda asal Mamasa, sejumlah wisatawan luar Mamasa seperti majene dan polewali mandar yang kebetulan berwisata alam ke puncak negeri di atas awan, juga ikut menjadi peserta upacara yang berlangsung khidmad dan heroik tersebut.

 

Agar bisa menggelar upacara khidmad tepat pukul 10.00 wita, komunitas pemuda mamasa ini memilih bermalam di puncak gunung liarra menggunakan tenda.

 

Selain menggelar upacara HUT proklamasi, komunitas pemuda mamasa in juga membentangkan bendera raksasa sepoanjang 20 meter atas puncak gunung liarra diiringi lagu indonesia raya.

 

Marthen Ma’dika, Pemuda Asal Mamasa mengungkapkan, perayaan Hut Ri dilaksanakan di atas puncak gunung Liarra, Mamasa untuk memaknai pengigatan Hut proklamasi kemerdekan dnegan cara yang berebeda. Upacara hut ri di atas puncak negeri di atas awan juga sebagai langkah promosi wisata alam puncak liarra yang kini tengah populer sebagai wsiata alam yang mulai memikat para wsiatawan dari luar mamasa.

 

Marthen berharap, Pemerintah Daerah Mamasa bisa membenahi mengelolah objek wisata liarra menjadi objek wsiata menarik untuk kemajuan mamasa sebagai salah satu daerah destinasi wsiata di mamasa.

 

“Agar bisa menggelar upacara HUT Proklamasi bertepatan pada 17 agustus hari ini, kami sengaja datang lebih awal sejak Kamis kemarin,”jelas Marthen Ma’dika, Pemuda Asal Mamasa.

0 001

Pemuda asal Polman, Ali Akbar yang ikut menggelar upacara bendera di puncak negeri di atas awan mengaku mengenal objek wisata alam mamasa ini melalui sosial media. Marten mengaku sengaja datang berwisata ke puncak gunung liarra, bersama sejumlah rekannya karena tertarik dengan postingan foto-foto suasana puncak liarra yang indah dan menarik.

 

Tidak adanya tanda petujuk arah jalan menuju ke puncak Liarra, membuat wsiatawan harus banyak bertanya kepada warga sekitar yang mereka lalui.

 

“Harusnya ada tanda-tanda petunjuk arah di sepanjang jalan agar wsiatawan tidak kesasar dna mudah menjangkau lokasi puncak Liarra,”jelas Ali Akbar, Pemuda Asal Polman

 

Ali berharap pemerintah bisa membenahi objek wisata alam liarra agar lebih mudah dijangkau dan ditemukan para wisatawan. (KMS3)

 

Pemuda Mamasa Gelar Upacara HUT RI di Puncak Negeri di Atas Awan

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *