Calon Ketua Osis di Polman Diverifikasi Hingga Jalani Tes Kesehatan Ala Pilpres 2019

Demokrasi Eksekutif Hukum Inspirasi Legislatif Nasional News Pendidikan Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Untuk mengedukasi para pemilih, terutama pelajar sebagai pemilih pemula, Sekolah Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lampa, Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar sulawesi barat menggelar pemilihan ketua Osis berkonsep Pemilu 2019, Rabu (26/9). Tak hanya suasananya didesain seperti kontestasi pemilihan Bupati/Gubernur atau Pilpres, namun proses tahapannya pun juga berlangsung ala pilkada. Setiap berkas peserta diverifikasi hingga mereka menjalani tes kesehatan, layaknya calon bupati atau gubernr sungguhan.

Uniknya, pemilihan ketua osis menjelang pemilihan presiden ini tak semua siswa boleh menggunakan hak pilihnya di bilik suara. Hanya pelajar yang dibuktikan dengan identitas kartu pelajar yang telah diverifikasi panitia pemilihan ketua asis yang berhak menggunaan hak pilihnya di bilik suara. Seperti pemilihan politik lainnya, setiap peserta yang telah menggunakan hak pilihnya di biik suara wajib mencelupka jarinya di dengan tinta untuk menghindari kecurangan.

Layaknya Pemilu pada umumnya, kontestasi pemilihan ketua osiis yang diikuti tiga pasnagan calon yang dinyatakan lolos verifikasi ini didesain tak berbeda ketika pemilihan bupati, gubernur hingga Pilpres yang sebentar lagi akan berlangsung.

Setiap pasangan calon memiliki saksi-saksi di tps. Mereka bertugas mengawasi jalannya pemilihan ketua osis bersama badan perwakilan Sekolah (bps) di TPS, hingga perhtungan suara usai dan pemenagnya ditetapkan paniia.

Tak hanya pihak siswa yang terlibat menyaksikan kontestasi pemilihan ketua asis yang sarat dngan pendidikan politik ini, sejumlah pejabat termasuk etua KPUD Polman Muh Daniel hadir menyaskikan jalannya kontestasi pemilihan ketua OSIS.

Jauh hari sebelum hari H pemilihan, tiga pasnagan calon yang dinyatakan loos dna telah ditetapkan sebagai pasnagan caln ketua osis mereka telah menggelar kampanye bahkan orasi dari kelas ke kelas untuk menawarkan program-program kerja mereka yang relevan dan menarik minat pemilih ketika kelak mereka terpiliha jadi ketua OSIS.

Kepala MAN 1 Lampa, Marzuki mengatakan, kegiatan pemilihan ketua Osis seperti ini digelar setiap tahunnya. Jumlah siswa  yang ikut memilih tahun ini 1.259 siswa termasuk guru-guru dan kepala sekolah mendapat hak unu ikut memilih calon ketua osis satu tahun ke depan.

“Ini untuk periode 2018/2019. Pemilih terdiri dari 1.259 siswa, mulai dari kelas X, XI, XII, ditambah guru,” ujarnya, disela-kegiatan.

Dalam pemilihan ketua Osis ini, ada tiga pasangan calon yang bertarung memperebut kursi jabatan ketua Osis. Ketiagnya adalah,  pasangan calon nomor urut (1) Fitri Haikal – Muh. Rifki, pasangan calon nomor urut (2) Sofyan – Ardiansyah, dan pasangan calon nomor urut (3) Fikih Aspar – Hadhar Ilman.

Ketua KPUD Polman, M. Danial yang memantau langsung pemilihan ini mengatakan, Pemilihan Asis ala Pilpres atau Pilgub ini menarik karena di gelar siswa menjelang pemilu 2019, sehinggakontestasi di sekolah ini sebagai pembelajaran demokrasi langsung kepada para siswa yang sebagian besar nantinya akan menjadi pemilih pemula 2019 mendatang.

“Kami melihat desain dari pihak sekolah seperti Pilkada mini, ada pasangan calon, bahkan sebelum pemilihan ada tahapan verifikasi berkas hingga cek kesehatan pasangan calon,” terangnya.

Danial mengatakan, pemilihan ketua osis bernuansa Pilpres di sekolah ini merupakan pemilih Milenial, sehingga nantinya mereka telah memiliki pengalaman langsung karena sudah dibekali tentang tata cara pemilihan. (MPOL-08).

 

Calon Ketua Osis di Polman Diverifikasi Hingga Jalani Tes Kesehatan Ala Pilpres 2019

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *