Pemilih Disambut Janur Kuning, Warga Mencoblos Lebih Pagi

Demokrasi Nasional News Pemilu Politik
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR, LINI!.COM – Beragam cara unik dilakukan Panitia Pemungutan Suara Atau (Tps) di Polewali Mandar Sulawesi Barat dalam mendorong minat dan partisipasi pemilih agar mengggunakan hak pilihnya di bilik suara. Tak hanya mengantarkan surat undangan ke rumah warga satu persatu, namun juga mendesain tps unik untuk memberi nuansa berbeda. Tps 6 di Kecamatan Polewali ini misalnya didesain menyerupai suasana pesta pengantin. Setiap pemilih yang datang disambut dengan janur kuning plus pelayanan petugas yang ramah dan bersahabat.

Tps yang didesaian mirip suasana pesta pengantin yang meriah ini asalah salah satu tps unik di Kelurahan Takatidung Kecamatan Polewali Mandar.

Berbeda di Tps lain yang diwarnai suasana ketegangan antar calon pendukung yang memanti hasil perolehan suara pasnaganncalon unggulan mereka, suasana pemilihan di tps 6 ini lebih santai dan rileks. Warga atau pemilih yang datang disambut dengan janur kuning.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Tak hanya itu pelayanan yang ramah dan bersahabat membuat pemilih terutama calon pemilih pemula lebih nyaman dan teredukasi. Tak heran jika pagi-pagi sebelum jam pencoblosan dimulai puluk 7.00 wita, ratusna warga di sekitar tps in sudah antri untuk menggunakan hak pilih.

Pemilih di Polewali mandar sulawesi barat disambut dnegan janur kuning, warga datang mencoblos lebih pagi

Petugas Tps 06 Takatidung, Hasriadi mengaku desain tps yang dirancang dalam suasana pesta pengantin meriah terbukti mampu memnarik minat warga datang mencoblos di tps tempat mereka terdaftar. Meski ajang iin adalah ajang kontestasi politik, namun tak tampak raup wajah tegang para panitia tps maupun warga yang datang mencoblos.

“Dengan ketrampilan panitia tps mereka bisa mendesain sendiri tanpa harus menguras biaya besar atau menyewa tenaga tata rias untuk mendesain tps layaknya pesta pengantin,”jelas Hasriadi

Menurut Hasriadi desain tps mirip suasana pesta pengantin ini sengaja dilakuakn untuk meberikan kesan dna suasana pesat demokrasi yang berbeda.

 

Pemilih Disambut Janur Kuning, Warga Mencoblos Lebih Pagi

 

Pannitia tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mendesain tps mirip dengan pesta pengatin seperti ini. Dengan ketrampilan petugas tps mereka bisa mengerjakan dan mendesain tps nya sendiri tanpa harus menyewa  atau mengeluarkan biaya besar.

Sejumlah warga pun mengaku senag dan smart ikut memmilih di tps dnegan suasan mirip di lokasi pesta pengantin yang cantik dan indah. Waraga pun megaku sennag karena tak ada suasana tegang di lokasi tps meski ini adalah ajang politik pemilu.

“TPSnya Cantik dna indah, kita juga jadi senang datang memilih dnegan suasan santai seperti ini. Petugasnya pun menambut dnegna ramah, bahkan menuntun  warga yang tidak tahu alut tata cara memilih,”jelas Nitra, salah satu pemilih di takatidung.

Di tps lain sejumlah petugas tps sengaja menggunakan pakaian adat agar tampil lebih smart dalam menyambut para pemilih yang datang di tps.

Sejumlah tps lainnya didesaian sarat kembang agar bisa memberikan nuansa rileks dan suasana yang indah dan cantik bagi para pemilih maukpun panitia pemilihan di tps.  (BN-07)


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *