Panwaslu Mamasa Gelar Sidang Adjudikasi Sengketa Pemilu

Hukum KPU Legislatif Mamasa Nasional News PPP
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Panwaslu Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat menggelar sidang ajuudikasi terkait sengketa daftar caleg sementara yang melibatkan Partai Persatuan Pembangunan (Ppp) dengan Kpu Mamasa di kantor Gakkkumdu Panwaslu

Mamasa, Senin (3/9/2018). Sidang dihadiri oleh kuasa hukum partai persatuan pembangunan kabupaten mamasa sebagai pemohon dan komisioner kpu kabupaten mamasa sebagai pihak termohon.

Sidang yang digelar di Ruangan Sekertariat Gakkumdu Mamasa ini dengan agenda mendengarkan keterangan dari para pihak atau pihak peohon dan termohon. Partai Persatuan Pembangunan yang hadir sebagai termohon, menyatakan tidak terima salah satu calegnya digugurkan oleh Kpu Kabupaten Mamasa. Alasannya caleg yang digugurkan kpu tidak melanggar atauran atau ketentuan apa pun yang diatur dalam undang-undang pemilu maupun peraturan kpu.

 

Soleman Puanglangi,  Kuasa Hukum Dpc Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten  Mamasa berharap panwaslu kabupaten mamasa memutuskan perkara ini dengan jujur dan seadil-adilnya.

 

“Kami memannag tidak satu pun ketentuna yang dilanggar klien kami. Karenaya kita berharap Panwaslu bisa memutuskan dengan adil,”jelas Soleman Puanglangi, Kuasa Hukum Partai Ppp

 

Sementara itu, Marthen, Divisi Hukum Komisioner Kpu Mamasa mengatakan, pihaknya menggugurkan caleg ppp atas nama Edy Mulyono Pualillin karena yang bersangkutan sebelumnya juga mendaftar kan diri di partai gerindra, sehingga kpu mamasa menggugurkannya sesuai dengan pkpu yang berlaku.

 

Meski pemohon sudah membuat surat pernyataan mengundurkan diri dari partai gerindra sebelum mendaftarkan diri sebagai bacaleg di KPUD mewakili partai Ppp, namun Kpu Menilai pemohon terdaftar di dua partai berbeda yang melanggar ketentuan pemilu.

 

“KPU menilai yang bersangkutan terdaftar di dua partai berbeda dan KPU memandnag itu sebagai pelanggaran ketentuan pemilu,”jelas Marthen, Komisioner KPUD Divisi Hukum

 

Ketua Panwaslu Mamasa, Rustam mengatakan akan menyidangkan kasus tersebut dengan mendengarkan keterangan dari pihak-pihak bersengketa. Panwaslujuga akan menggelar sidang adjudikasi dengan agenda mendengarkan keterangan beberapa saksi ahli yang akan dihadirkan oleh saksi ppp.

 

“Sidang hari ini untuk mendengarkan keterangan para pihak, termasuk sidang berikutnya akan mendengarkan keterangan saksi ahli,”jelas Rustam, Ketua Panwaslu Mamasa

 

Sidang ajudikasi terkait sengketa pencalegan yang melibatkan partai PPP dan KPUD Mamasa ini masih akan terus digelar hingga panaslu memutuskan apakah termohon berhak mencajadi caleg atau tidak.  (MMS-05)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *