Mahasiswa dan Komunitas Sosial di Polewali Galang Dana Korban Gempa Palu

Bencana Alam Gempa Nasional News Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM Solidaristas korban gempa donggala dan palu mulai berdatangan dari berbgai penjuru negeri.  Mahasiswa dan komunitas sosial peduli koran gempa di Polewali Mandar Sulawesi Barat misalnya, mulai melakukan aksi penggalangan dana untuk meringankan para korban gempa yang kehilangan keluarga dan tempat tinggal mereka pasca gempa berkekutan 7,7 sr yang mengguncang donggala dan palu. Kegiatan sosial ini disambut antusias warga dan para pedagang di sejumlah pasar tradisional di polewali mandar.

Aktifis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Pmii) Cabang Polewali Mandar Sulawesi Barat mulai hari ini turun serentak di sejumlah lokasi di Polewali Mandar. Selain melakuka aksi penggalangan di jalan raya yang menyasar para pengendaradan pengguna jalan, mereka juga menggelar aksi pengumpulan dana di pasar-pasar tradisonal di polewali mandar.

Aksi penggalangan dana di Pasar Tradisional Wonomulyo misalnya disambut antusis para pedagang dna pengunjung pasar. Mereka meberikan sumbangan mereka secara suka rela saat megetahui kelompok mahasiswa tengan mengedarkan kotak sumbangan dari kardus mie instant.

Seperti pantauan kami di sekeiling Pasr Wonomulyo, terlihat pedagang sayur matur, barang campuran, tukang jahit, pemilik warung dna pengunjung warung hingga pemilik toko emas tampak ecarsuka rela menysipkan sebagain pendapata mereka untuk membantu para korban gempa di palu.

Naisa, salah satu pedagang mengaku bersykur karena ada masyarakat yang bisa menghimpun dana untk mebantu sesama. Ia berharap dana yang terkumpul nantinya bisa turut meringankan para korban.

“Alhamdulillah kalau adapihak yang mau turun tangan membantu meringankan sudara-saudara kita yang tertimpa musibah di palu,”jelas Naisa, Pedagang Pasar Wonomulyo.

Rahman Bande, Pengunjung Pasar Wonomulyo juga menyambut antusias aksi peduli sosial yang dilakukan para mahasiswa pmii polewali. Menurut rahman seharusya semua warga bangsa ikut terpanggil untuk berkontribusi apa saja untuk meringankan beban para korban.

“Kita banga dan seharusnya semua warga bangsa harusnya erasa terpanggil dan turut berkontribusi apa pun untuk meringankan beban penderitaan para korban bencana alam di Palu,”jelas Rahman Bande, Pengunjung Pasar.

Meski aksi pengumpulan dana di pasar wonomulyo iin mislanya bru dua jam dilakukan, namun dana yang terkumpul ditaksir mencapai sekitar 2 jutaan. Dana in belum termasuk yang dikumpulkan komisariat lain yang juga melakukan aksi pengalangan dana serupa di lokasi lain.

Ketua Cabang Pmii Polman, Rizal menyebutkan, aksi pedulu korbn gempa ini merupakan instruksi pengurus pusat pmii untuk melakukan penggalangan dana di seluruh ndonesia. Hari ini semua komisariat pmii di seluruh polewali mandar turun melakukan aksi pengumpulan dana selama beberapa pekan mendatang. Dana yang terkumpul akan disalurkan secaraseretak pada 2 nopember mendatang.

“Penggalangan dana ini serentak dilakukan PMII di seluruh indonesia. Semua bantuan masyarakat nantinya yang terkumul juga akan diserahkan secara serentak pada2 Nopember mendatang,”jelas Rizal, Ketua Cabang Pmii Polman.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa berkekutan 7,7 sr yang mengguncang Donggala dan Palu Sulawesi Tengah ,Jumat petang lalu hinga ribuan bangunan dan fasilitas publik hancur menyebabkan ribuan korban yang selamat dari bencara alam tersebut kni tinggal bersama anak-anak mereka di tenda pengungsian lantaran rumah mereka hancur diterjang gempa. (MPOL-012).

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *