Korban Isu Tsunami, Warga 2 Kecamatan di Pasangkayu Mengungsi ke Pegunungan Tinggi

Bencana Alam Gempa Mamuju Tengah Nasional News
Bagikan

PASANGKAYU,LINI1.COM – Masyarakat yang menjadi korban isu gelombang tsunami pasca gempa berkekuatan 7,7 sr yang mengguncang donggala dan sekitarnya, jumat petang lalu, memilih meninggalkan rumah danharta benda mereka untuk mengungsi ke pegunungan tinggi. Warga di kecamatan bambalamotu dan kecamatan pasangkayu, kabupaten pasangkayu, sulawesi barat memboyong keluarga dan anak-anak mereka sambil membawa perbekalan dan perlengkapan tenda seadanya ke pegunugan di desanya.

Dengan menggunakan peralatan seadanya, ratusan warga di kecamatan bambalamotu ini misalnya mendirikan tenda darurat dari terpal plastik yang mereka bawa sendiri di wilayah pegunungan bambalamotu, sejak Jumat malam hingga Minggu (30/9/2018) pasca gempa. Warga yang panik mendapatkan informasi yang simpang siur ini memilih mengevakuasi keluarga dan anak-anak mereka untuk menyelamatkan dir ke pegunungan tinggi dari laut di desanya.

Tak hanya warga bambalamotu, warga kecamatan pasangkayu juga mengungsi ke wilayah pegunungan di desa ako, akibat isu akan terjadi gempa susulan disertai gelombang tsunami.

Meski sejumlah warga telah meyampaikan jika isu gelombang sunami itu hanya hoax, namun warga yang sudah terlanjur panik tidak bisa serta merta meyakini imformasi apa yang datang belakangan untuk membantah isu-isu berkembang sebelumnya. Warga beralasan lebih baik waspada ketimbang mempercai isu-isu yang datang berseleiwerang yang mebuat warga jadi bingung.

PASANGKAYU – MENGUNGSI KE GUNUNG 005

Sayangnya, walau sudah dua hari berada di tenda pengungsian warga mengaku belum ada perhatian dari pemerintah terutama pihak badan penanggulangan bencana daerah untuk mengunjungi mereka. Padahal di lokasi pengungsian di bambalamotu terlihat ada beberapa warga lanjut usia yang terbaring sakit.

Asri, salah satu pengungsi mengaku tidur bersama anak-anak mereka beralas terpal di bawah tenda. Asri dan warga lainnya mengak memilih mengungsi lantaran ia mndengar kabar akan adanya gelombang tsunami pasca gempa jumat etang lalu.

“Katanya akan ada gelombang Tsunami makanya kelurga dan anak-anak kita ungsika ke gunung,”jelas Asri, warga setempat saat ditemui di lokasi.

PASANGKAYU – MENGUNGSI KE GUNUNG 004

Di kecamatan bambang lamotu dan pasnag kayu, wilayah terdekat dari kecamatan donggala palu ini juga terkena imbas gempa cukup parah. Di lokasi ini terdapat puluuhan rumah warga dan fasilitas umum seperti pasar ikut ambruk dan prak-poranda diterjang gemapa.

Warga berharap ada bantuan tenda dan dapur umum di lokasi tersebut dibangun oleh pemerintah daerah, mengigta ada banyak anak-anak yang ikut mnegngsi ke tenda darurat. (MPAS-07).

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *