Kesal Anggota Dewan Tak Berkantor, Mahasiswa Obrak Abrik DPRD Sulbar

Demokrasi Eksekutif Legislatif Mamuju Nasional News
Bagikan

MAMUJU,LINI1.COM – Kecewa karena tak ada anggota dewan yang berkantor saat jam kerja, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Dan Mahasiswa Sulawesi Barat yang menggelar aksi unjuk rasa memperjuangkan nasib petani di Sulawesi Barat, mengobrak abrik Kantor Wakil Rakyat Selasa (25/9/2018). Sejumlah pot bunga dirusak dan dihamburkan di halaman Kantor DPRD Sulbar.

Para mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa memperingati hari tani nasional tersebut, kesal setelah sejumlah mahasiswa yang menggeledah ruangan DPRD Sulbar tidak menemukan satu pun dari 45 anggota DPRD Sulbar yang berada di kantornya pada jam kerja, selasa hari ini. Mengetahui dari 45 anggota dewan tak satupun berada di tempatnya.  Mahasiswa yang kecewa lalu mengobrak abrik Kantor DPRD, sejumlah pot bunga di kantor tersbut dirusak dna dihamburkan di halaman kanto DPRD Sulbar.

Aksi unju krasa ratusan mahasiswa memperingati hari tani nasional di depan kantor tersebut rencanya akan menyampaikan ponit 12 tuntutan kepada DPRD Sulbar. Salah satunya yaitu mewujudkan Uu No 19 tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Mereka juga mendesak Pemerintah Propinsi dan DPRD Sulbar agar memperjelas setiap batas tanah bersertifikat milik warga dan hgu yang kini bermasalah di sejumlah kabupaten di Sulawesi Barat, terkait masuknya sejumlah investor kelapa sawit yang diduga mencaplok lahan milik warga yang sudah puluhan tahun berdomisili dan memegang hak atas sertikat tanah mereka.

“Kalau mereka bicara soal bagi-bagi anggaran bukan main ributnya, tapi giliran urusan masyarakat kecil jangannkan mereka meperjuangkannnya denag serius datang ke kantor saja tidak,”jelas Rusdi, Korlap aksi saat membawakan orasi di halaman kantor DPR Sulbar siang tadi

Untuk mengamankan jalannya aksi unjukrasa mahasiswa tersebut puluhan personel Pelres Metro Mamuju diterjunkan untuk mengamankan jalannya aksi unjukrasa. Meski kecewa karena tak satu pun anggota DPRD Sulbar berada di kantor tersebut, ratusan mahasiswa lebih memilih untuk pulang.

Namun mereka berjanji akan kembali menggelar aksi unjuk rasa di tempat yang sama untuk menyampaikan langsung tuntutan mereka kepada para wakil rakyat di DPRD Sulbar. (MMJU-07).

 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *