Kebakaran Lahan Merambah Ke Pemukiman Bikin Panik Warga Mamasa

Bencana Alam Kebakaran Hutan Kemarau Mamasa Nasional News
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Kebakaran lahan dan hutan lindung yang merambah hingga ke kawasan pemukiman penduduk, membuat warga setempat panik lantaran khawatir api yang terus membesar dan membakar kawasan hutan dan semak belukar, terus mendekati pemukiman mereka. Luasnya lokasi kebakaran serta kondisi medan pegunungan mamasa sulawesi barat yang terjal dan curam membuat warga tak bisa berbuat apa-apa, sealain beraharap petugas pemadam kebakaran bisa menyemprotkan air dari puncak gunung untuk menghalau api tidak merembek ke rumah-rumah penduduk di sekitarnya.

Warga Dusun Lope, Desa Buntu Buda, Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat panik setelah lahan dan kawasan hutan lindung tak jauh dari pemukiman warga terbakar hingga merambah ke kawasan perkampungan.

Meski ratusan warga yang panik turun tangan saat pertama kali melihat kobaran api muncul dari hutan, namun mereka tak bisa berbuat apa-apa, lantaran kondisi oedan pengunungan yang terjal dna curam. Wraga hanya menjadi penonotn saat api terus merambat dan mebakara kawasan hutan, hingga mengarah ke pemukiman warga.

Emba, Warga Lope, Desa Buntu Buda mengaku sedang menjenguk keluarganya yang sednag sakit di rumah sakit kota mamasa, namun segera buru-buru ulang setelah mendapat telpon dari sanak tetanga jika kobaran api dari ebakaran hutan mendekati rumah-rumah penduduk.

“Saya di rumah sakit terus dapat telpon kalau api mengarah ke rumah warga, saya langsung pulang karena kahawatir rumah terbakar,”jelas Emba, Warga Lope, Desa Buntu Buda.

Kebakaran kawasan hutan untuk kesekina kalinya di mamasa ini menghanguskan rantig kayu kering, dedaunan yang gugur dan rerumputan. Kencangnya tiupan angin saat cuaca panas mebuat api dengan cepat melahap hutan kring, termasuk membakar pohon pinus.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, namun warga menduga kebakaran terjadi karena aktivitas pembukaan lahan di sekitar lokasi.

Pemadam kebakaran Mamasa yang mendapatkan laporan dari warga degan sigap mendatangi lokasi kebakaran, hanya dalam waktu dua jam api yang mengarah ke kawsan pemukiman hingga mendekati rumah-rumah penduduk berhasil dihalau dan dipadamkan.

“Kita kerahkan dua unit damkar dan belasan personil. Hanya saja titik api yang merambah di lembah atau puncak gunug hingga sulit dijangkau,”jelas Heriyanto, komandan regu dinas pemadam kebakaran mamasa

2 unit armada pemadam kebakaran diturunkan petugas secara bergantian mengisi air untuk mempercepat pemadaman api, terutama yang mengarah ke pemukiman penduduk. (MAS-06).

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *