Kawasan Hutan dan Kebun Milik Warga Majene Dilalap Api

Bencana Alam Kebakaran Hutan Kesehatan Lingkungan Majene Nasional News
Bagikan

MAJENE,LINI1.COM Kawasan hutan dan perkebunan milik warga Di Kecamatan Banggae Majene Sulawesi Barat ludes dilalap api, Minggu (19/8/2018). Hanya dalam tempo tiga jam lebih api menghanguskan hingga belasan hektar hutan dan kawasan perkebunan kelapa

dan pisang milik warga.

 

Kebakaran hutan dna kawasan perkebunan milik warga kembali terjadi di Majene, Sulawesi Barat, Minggu (19/8/2018). Kebakaran hutan dan lahan perkebunan milik warga kali ini terjadi di Lokasi Perbukitan Di Lingkungan Tanete, Kelurahan Baruga, Kecamatan Banggae, Majene.

Lahan yang dipenuhi pohon kelapa, pisang dan pohon jati kering di lokasi ini membuat api dengan cepat menjalar dan mebakar apa saja di sekitarnya. Kondisi diperparah dengan kencangnya hembusan angin. Dalam waktu lebih dari tiga jam api menghanguskan lahan perkebunan dna kawasna hutan belasan hektar lebih.

Titik api yang berada tidak jauh dari pemukiman pendudukan  membuat warga sempat panik karena api dengan cepat merembet dan terus membesar hingga mendekati pemukiman penduduk.

 

Sejumlah warga yang khawatir terpaksa berusaha turun tangan memadamkan api secara manual menggunakan peralatan seadanya seperti ranting pohon.

Sulitnya sumber air di lokasi kebakaran dan kondisi medan yang sulit dijangkau cukup mebuat warga kerepotan memadamkan api terutamna yang mengarah ke pemukiman warga.

 

Menurut  warga setempat, Sumardi api sudah membesar saat warga turun tangan secara suka rela memadamkan api. Belasan hektar lahan perkebunan dan kawasan hutan ludes di lalap api.

“Warga yang dikepung asap sempat panik karena jaraknya dari kampung cukup dekat,”jelas Sumardi, warga yang ikt berjibaku memadamkan api secara manual.

 

Asap tebal akibat kebakaran hutan sempat membuat warga sekitar kelimpungan karena asap yang mengganggu pernafasan.

Belum diketahui penyebab kebakaran, namun dugaan sementara kebakaran hutan yang kedua kalinya diu majene dalam sepekan terakhir diduga dipicu ulah warga yang membuang puntung rokok secara serampanagn hingga memicu kebakaran di lokasi. (KMJN-04)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *