Kantor BPK RI Perwakilan Sulbar Dilalap Api Terbakar

Kebakaran Lingkungan Mamuju News
Bagikan

MAMUJU, LINI1.COM – Diduga akibat kosleting listrik dan perangkat elektronik di lantai 3 Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (Bpk) Ri Perwakilan Sulbar di kota Mamuju Sulawesi Barat terbakar Jumat petang (19/4/2019) kemarin. Tiga ruangan termasuk fasilitas kantor dan komputer terbakar. Akibat kebakaran ini sejumlah berkas penting hasil audit ikut terbakar. Untuk memadamkan api, petugas damkar mamuju menerjunkan 5 unit mobil damkar ke lokasi.

Begnilah suasa kenanikan sejumlah staff dan puluhan tim pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan kobaran api yang bersumber dari lantai 3 gedung Bpk Ri Perwakilan Sulbar di kota Mamuju. Api yang diduga bermula dari salah satu ruangan auditor lantai 3 kantor tersebut membuat kepulan asap tebal yang mmebubung ke langit dan membuat runagan kantor tersebut terasa pekat.

Petugas Bpk dna Tim Pemadam Kebakaran tampak kesuitan menjangkau lokasi api selaian karena tak ada akses yang mudah juga karena kepulan asap tebal yang membuat sesak nafas.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Peristiwa kebakaran ini baru di ketahui oleh petugas jaga yang berada di depan kantor Bpk Ri mamuju, saat kepulan asal mmebuat warga sekitar panik. Saat peristiwa kebakaran ini berlangsung sempat terdengar alarm kebakaran yang berada di lantai 3 berbuyi sangat keras. Melihat kondisi kantor tersebut penuh asap, pihak petugas keamana kantor bpk langsung menghubungi tim pemadam kebakaran.

Sebelum tim pemadam kebaran tiba, pihak petugas dan warga sempat melakukan pemadaman dengan alat seadanya, namun api tampak semakin membesar. Banyaknya tumpukan dokuman hasil audit, membuat api dengan mudah menyebar hingga ke 3 ruangan. Api baru bisa di padamkan setelah tim pemadam kebakaran menerjumkan sebanyak 5 unit damkar.

Salah Seorang Staff Di Kantor Bpk, Asdar menduga kobaran api berasal dari konsleting kabel listrik dari perangkat elektronik yang lupa dicabut pegawainya sebelum meninggalkan kantor mereka. Saat insidne kebarakan tiga runagan in terjadi, seluruh staf sedang tugas melakukan pemeriksaan di luar daerah.

Banykanya instalasi kabel listrik yang sangat semberaut yang dipasnag semraut di gedung ini juga diduga jadi salah satu pemicu kebakaran tersebut.

“Kemungkinan sumber api bemrula dari kosleting listrik, ada pernagkat elektronik yang terpasnag dna lupa dicabut hingga memicu kebakaran,”jelas Asdar, kepala Sub Bagian Umum Kantor Bpk Ri Perwakilan Sulbar

Untuk memastikan tidak adanya lagi sumber api, pihak pemadam kebakaran, masuk di atas plafon atap kantor tersebut dan melakukan penyiraman. Akibat kebaran ini sejumlah berkas penting hasil audit yang tersimpan di tiga ruangan ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa saat peristiwa ini berlangsung, namun akibat kebaran ini kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (MN-07)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *