Kakek Sebatangkara Kesepian Digubuk Reot Legah dan Terhibur Dikunjungi Dinsos

Mamuju Tengah Nasional News
Bagikan
  • 1
    Share

MAMUJU TENGAH, LINI1.COM – Ma’ruf, kakek berusia (67 tahun) di gubuk reot berlantai tanah dan beratap rumbia, di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Sejak puluhan tahun lalu ini tampak terhibur dikunjungi dinas sosial setempat, Minggu (31/3/2019). Lansia ini legah karena mendapat bantuan sembako berupa beras dan peralatan dapur. Sejak istri yang dicintainya meninggal belasan tahun lalu, ma’ruf kerap kesepian seorang diri digubuknya.

Ronah bahagia dan terhibur terpancar dari rauf wajah Ma,ruf saat petugas Dinas Sosial Mamuju Tengah menyambangi gubuk reok miliknya di desa kombiling, kecamatan pangale, kabupaten mamuju tengah, Minggu (31/3/2019).

Ma’ruf yang sudah 30 tahun di gubuk berlantai tanah dan beratap ilalang yang sudah bocor di sana sini beberapa kali minta maaf kepada rombongan kepala dinas sosial, asmira djamal yang membawa bantuan sembako dna peralatan dapur, karena ia tak bisa mempersilahkan tamunya duduk di ruangan dan kursi tamu.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Ma’ruf tampak senang saat diajak berdiskusi dengan tim dari dinas sosial yang bersilaturrahmi ke gubuknya. Semula kakek ini mengaku kesepian sejak istrinya meninggal belasan tahun, mendadak terhibur setelah tim dinas sosial menyambangi rumahnya.

“Biasa duduk di sini saja (bangku tua yang sudah peot-red) kalau tengah malam,” jelas Ma’ruf, kakek sebatangkara di Mateng

 

Seorang kakek sebatangkara yang kesepian digubuk reot selama puluhan tahin tampak legah dan terhibur saat dikunjungi dinsos Mamuju tengah, Sulawesi barat.

Kakek ma’ruf bahkan sempat curhat, sejak istri yang setia menghiburnya dikala apa saja pergi meninggalkan diirnya belasna tahun lalu praktis ia hanya mengisi hidupnya di gubuk tua miliknya seorang diri.

Meski istrinya sudah lama meninggal dunia, namun ia tak pernah lupa mengenang dan memuja-muji kebaikan almarhum istrinya.

Ma’ruf yang dulu hanya mengurusi pekerjaan menjaid buruh sawit di kebun milik warga tempaytnya bekerja, namun sejak kepergian istri yang dicintainya, kini ia harus mengurusnya sendiri, termasuk memasak dan mencuci pakaiannya sendri. Ma’ruf mengaku kerap kesepian seorang diri terutama di malam hari.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mamuju Tengah, Asmirah Djamal usai mengecek langsung kondisi sang kakek di gubuk reoknya langsung menyalurkan bantuan berupa sembako dan beberapa peralatan sehari-hari.

Asmira mengaku mendapat kabar soal kondisi lansia Ma’ruf yang hidup digubuk reaot yang siudah bocor justru dari media sosial. Selaku kadis sosial, asmira mengaku langsung meminta kepada stafnya untuk melihat langsung kondisi mahruf di gubuknya.

Mirisnya, hampir puluhan tahun dirinya tinggal di kebun sebatang kara,  nyaris tak ada yang peduli. Kehidupan kaekk ma’ruf baru jadi perhatian setelah ada masyrakat yang memposting ke media sosial. Kadis sosial berharap peran dan partisipasi aktif aparat desa untuk melihat kondisi sosial masyarakatnya agar tak ada lagi lansia yang hidup seperti ma’ruf lainnya.

Seorang kakek sebatangkara yang kesepian digubuk reot selama puluhan tahin tampak legah dan terhibur saat dikunjungi dinsos Mamuju tengah, Sulawesi barat.

“Hidupnya sangat miris tinggal seorang diri selama puluhan tahun di gubuk. Ini harusnya bisa dilacak aparat desa setempat, jangan baru setelah ramai di media sosial baru ada yang datang,”jelas Asmira, Djamal kadis sosial Mateng.

Asmira menyatakan, peran dan fungsi aparat desa selaku pejabat di tingkat desa harusnya jelih dengan kondisi sosial warganya, jangan hanya warga yang ada di perkotaan atau di desa namun mereka yang juga tinggal di perbatasan atau huta perlu dicross cek agar tak ada lagi lansia-lansia seperti ma’ruf

Mengenai kondis gubuk reot milik Ma’ruf yang suidah condong dna bocor di sana sini, kadis sosial menyatakan pihaknya akan berkoordinasi dnegan pihak dinas perumahan untuk mebicarakan maslaha tempat tinggal Ma,ruf.

Asmira berharap setiap lansia seperti ma’ruf bisa mendapatkan kelayakan hidup di sisa masa tuanya.  (LM-11).

 

Kakek Sebatangkara Kesepian Digubuk Reot Legah dan Terhibur Dikunjungi Dinsos

 


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *