Ini Dia Dusun Paling Sadar Politik, Seluruh Warganya Ikut Mencoblos di TPS

Demokrasi KPU Mamuju Nasional News Pemilu Presiden
Bagikan

MAMUJU, LINI1.COM – Warga dusun samak, salah satu dusun yang menampung ratusan kk pengungsi, pasca banjir bandang dan gunung retak di kecamatan bebanga, mamuju sulawesi barat, tercatat memiliki tingkat partisipasi dan kesadaran politik yang relatif tinggi. Dari 126 dpt plus pemilik ektp di dusun ini seluruh warganya ikut berpartisipasi menggunakan hak politiknya di bilik suara pada 17 april 2019 lalu.

Hidup serba kekurangan di tempat pengungsian, sejak dua bulan terakhir tak mengurangi semangat ratusan kepala keluarga di dusun samak kecamatan bebanga untuk ikut berpartisipasi mensukseskan jalannya pemilihan umum untuk mentukan masa depan kepemimpinan bangsa lima  tahuanan di indoensia, pada rabu 17 april lalu.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Dari lebih 200-an dusun di mamuju, dusun samak yang memiliki 126 dpt plus 3 ktp memiliki tingkat partisipasi dan kesadaran politik yang relatif tinggi, dibandingkan dusun lainnya di mamuju. Seluruh warganya termasuk kaum pria dan ibu-ibu dan pemudanya secara sadar ikut menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

 

Ini Dia Dusun Paling Sadar Politik, Seluruh Warganya Ikut Mencoblos di TPS

Sejumlah warga pengungsi yang telah menggunakan hak pilihnya mengaku meski suaranya tak berarti secara kuantitas jika dibandingkan jutaan pemilih lainnya di tanah air, namun ia berharap sumbangsi dan partispasi politik mereka bisa ikut berkontribusi membangun tatanan demokrasi dan kualitas kepemimpinan indonesia menjadi lebih baik. Ia berharap calon presiden dan legislatif yang terpilih pada pemilu tahun ini bisa lebih adil dan lebih peduli dengan masa depan keluarga dan anak-anak mereka yang kini tak menentu di pengungsian.

Ahmad, salah satu petugas tempat pemungutan suara (tps) menjelaskan, seluruh masyarakat pengungsi di dusun samak tercatat seluruhnya telah berpartisipasi menggunakan hak politiknya di bilik suara. Hanya saja satu pemilih diantaranya dinyatakan tidak sah atau batal, lantaran mencoblos dua kali di masing masing surat suara di kolom yang berbeda. Sesuai ketentuan kpu hanya satu kali mencoblos di setiap lembaran surat suara.

“Daris semua DPT terdaftar termasuk tiga pengguna KTP semaunya berpartisipasi menggunakan hak politiknya di tps, tidak ada yang golput,”jelas Ahmad, petugas tps Samak, kecamatan Bebanga Mamuju.

Dusun paling sadar politik, tps pengungsian di mamuju Sulawesi barat seluruh warganya ikut berpartisipasi mencoblos di tps

Dari hasil rekapitulasi yang digelar hingga kamis dinihari lalu, tps 19 di dusun samak, kecamatan simboro, mamuju ini memenangkan pasnagan calon presiden nomor urut 01, jokowi ma’ruf amin yang mendulang suara terbanyak 105 untuk jokowi-ma’ruf dan 20 suara untuk prabowo – sandi.

Tps 19 dusun samak sendiri dibangun warga di tengah pengunsian pasca banjir bandang dan tanah longsor. Tak ada tenda mewah, mereka pun mendirikan tps dari bambu berdinding kain dan tali rapiah demi ikut mensukseskan jalanya pemilihan umum.

Becak dan berlumpur di area tps ini menjadi pemandangan mencolok saat proses perhitungan suara. Kondisi ini disebabkan lantaran tps sempat diguyur hujan lebat selama masa pencoblosan hingga malam hari

Meski demikian tidak menyurutkan warga dan petugas tps untuk tetap berpartisipasi mensukseskan pemilu.

Ratusan warga dusun samak ini telah mendiami lokasi pengungsian yang becek dna berlumpur sejak dua bulan terakhir.

Mereka mendiirkan tenda seadanya untuk menampung keluarga dan anak-anak mereka sambil berharap pemerintah kelak bisa membangun pemukiman yang lebih manusiawi

Setelah suarat suara dihitung yang disaksikan petugas panwaslu dan para saksi, selanjutnya dokumen pemilu tersebut dibawah petugas ke kantor kecamatan bebanga untuk dilakukan prekapan.(BN-07)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *