Gelombang Tinggi Capai 3 Meter, BPBD Keluarkan Surat Edaran Larangan Melaut

Cuaca Majene Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengeluarkan surat edaran berisi himbuan atau larangan kepada para nelayan terutama kapal – kapal bertonase kecil untuk tidak melaut, selama beberapa pekan ke depan, lantaran angin kencang disertai gelombang tinggi mencapai 3 meter. Gelombang tinggi tersebut dinilai sangat membahayakan aktifitas melaut, terutama kapal nelayan kecil.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sulawesi Barat memprediksi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi akan terjadi di perairan Sulawesi Barat selama beberapa hari ke depan.

 

Merespon prediksi bmkg tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat langsung mengeluarkan surat edaran berisi himbaua atau larangan, pertanggal (13/9/2018) agar nelayan tetap berhati hati saat melaut, sebab hal tersebut bisa mengancam keselamatan jiwa para nelayan.

Sejak pemerintah mengeluarkan himbuan untuk tidak melaut karena cuaca dan gelombang yang tidak bersahabat, beberapa perahu nelayan tampak hanya ditambatkan para nelayan di sepanjang pantai polewali. Sebagian lagi kapal bertonase kecil diangkat nelayan ke daratan untuk menghidari hempasan ombak.

 

Kepla Seksi Pencegahan BPDB Polewali Mandar, Andi Muh. Yusuf menyebutkan himbauan untuk tidak melaut terutama kapal-kapal nelayan kecil yang rawan dihantam gelombang, diperkirakan berlangsung hingga oktober mendatang. Himabuan iin telah disosialisasikan ke tingkat kecamatan, desa hingga nelayan setempat.

 

“Himabuan peringatan bahaya melaut ini sudah kita sosialisasika ke tingkat Camat, Desa dan nelayan untuk menghindari segela resiko atau bahaya saat melaut,”jelas Andi Muh. Yusuf, Kasi Pencegahan BPDB Polewali Mandar.

Meski cuaca sedang buruk, namun ada pula beberapa nelayan yang nekat pergi melaut. Akibat cuaca buruk, hasil tangkapan nelayan tidak maksimal dan tak jarang mereka pulang tanpa membawa hasil. B-P-B-D mengimbau kepada nelayan jika ingin melaut agar menunggu hingga cuaca kembali normal. (MPOL-04).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *