Ditinggal Mengugsi, Puluhan Rumah Hancur Diguncang Gempa

Bantuan Bencana Alam Gempa Mamasa Nasional News
Bagikan
  • 1
    Share

MAMASA,LINI1.COM – Puluhan rumah di Mamasa Sulawesi Barat dilaporkan hancur diterjang gempa, Sabtu (10/11/2018) dinihari tadi. Tiga rumah warga yang ditinggal mengungsi pemiliknya bahkan terbelah dan seluruh ruangan, lantai dan pondasi gedung retak dan telah bergeser posisi. Beruntung saat diguncang gempa tak satu pun pemilik rumah sedang berada di dalamanya karena memilih mengungsi ke berbagai lokasi pengungsian di mamasa.

Akibat gempa dsyat yang mengguncang mamasa sejak seminggu terakhir mengakibatkan bagunan  rumah warga di berbagai lokasi kecamatan di Mamasa rusak dan retak-retak.

Gempa yang kembali mengguncang sabtu dinihari tadi mislanya menyebabkan puluhan rumah warga di desa lambanan, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa rusak dan hancur diterjang gempa.

Tiga rumah warga diantaranya bahkan rubuh dan lantai dasarnya mengalami pergeseran akibat diterjangan gempa cukup dasyat. Selain itu puluhan rumah lainya di desa ini mengalami retakan, bahkan sebuah rumah warga terbelah dua hingga terancam ambruk.

0751011184_SULBAR_DITINGGAL MENGUGSI, PULUHAN RUMAH HANCUR DIGUNCANG GEMPA 2A 002

Pelipus, warga lambanan, salah satu warga yang rumahnya rubu mengatakan, gempa yang memporak-porandakan rumahnya dan rumah warga sekitarnya terjadi dinihri tadi, saat pemiik rumah sedang mengungsi ke berbagai lokasi pengungsian di Mamasa.

Rumah milik pelipus rubuh dan terbelah dua. Pondasi gedung rumahnya bergeser. Beruntuk pemilik rumah tidak berada dalam rumah saat kejadian.

“Hancur dan terbelah dua, ini tidak bisa lagi dihuni harus dirobohkn terlebih dhulu kalau mau dibnagun baru bisa diringgali kembali,”jelas Peliphus, salah satu korban gempa Mamasa.

Selain tiga rumah yang rubu di Desa Lambanan,  puluhan rumah warga lainya mengalami retak dan rusak parah.

Umumnya rumah warga dihantam gempa dalam keadaan kosong karena ditinggal mengungsi pemilik sejak hampir sepekan terakhir. Mereka memilih meninggalkan rumah karena trauma akibat getaran gempa masih terus terjadi. Warga sendiri tidak berani tinggal di rumahnya. (MMAS_09).

 

Ditinggal Mengugsi, Puluhan Rumah Hancur Diguncang Gempa

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *