Dihantam Gelombang tinggi Bibir Pantai dan Kawasan Objek Wisata Porak-poranda

Bencana Alam Cuaca Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Gelombang tinggi yang melanda wilayah perairan polewali mandar, sulawesi barat, sejak sepekan terakhir, menyebabkan bibir pantai di kecamatan wonomulyo, matakali, mapilli dan camapalgian, porak-poranda diobrak abrik gelombang tinggi. Sejumlah fasilitas objek wisata pantai di kawasan ini juga hancur diterjang ombak. Kuatnya hantaman ombak mengakibatkan garis bibir pantai bergeser secara bervariasi hingga beberapa meter ke daratan.

Beginilah kondisi bibir pantai di kecamatan wonomulyo, matakali, mapilli dan campalagian, polewali mandar setelah diterjang gelombang tinggi sejak sepekan terakhir.

Obyek wisata pantai mampie, yang terletak di desa galeso, kecamatan wonomulyo, kabupaten polewali mandar, sulawesi barat misalnya mengalami abrasi pling parah. Tak hanya fasilitas wsiata yang porak-poranda diterjang gelombang tinggi, tapi pepohonan mati dan tumbang dihantam gelombang.

Muh yusri, pengelola objek wsiata mampie menyebutkan, bibir pantai di kawasan obyek wisata mampie ini mengalami abrasi cukup parah. Beberapa fasilitas wisata seperti gasebo dan fasilitas lainnya hancur. Beberapa bangunan pendukung wisata seperti wc umum juga hancur tergerus ombak.

Tak hanya fasilitas wisata seperti gasebo dan pendukung lainnya yang hancur, pepohonan di sepanjang bibir pantai termasuk pohon kelapa yang tergerus gelobang tinggi, bertumbangan diterjang gelombang.

Rusaknya sejumlah fasilitas wisata pantai mampie turut mempengaruhi kuantitas wsiatawan berkunjung ke kawasan wsiata pantai ini, terutama pada hari libur.

Warga dan pihak pengelola wisata di kawasan ini berharap agar pemerintah setempat bisa segera mencari solusi agar abrasi yang cepat menggeser bibir pantai sepanjang 20 meter lebih, sejak lima tahun terakhir tidak semakin parah. (MPOL-09).

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *