Diguncang Gempa Beruntun 5,5 SR, Warga Mamasa Jatuh Bangun Berlarian Menyelamatkan Diri

Bencana Alam Gempa Mamasa Nasional News Pengungsi
Bagikan

MAMASA,LINI1.COM – Gempa beruntun berkekuatan 5,0 sr dan 5,5 SR kembali mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat, Kamis Pagi (15/11/2018). Warga yang panik dan jatuh bangun berlarian keluar rumah menyelamatkan diri,sempat  terperosok ke dalam lubang dan terjatuh hingga kakinya terkilir di jalan. Gempa beruntun ini menyebabkan rumah-rumah warga dan fasilitas publik seperti kantor pemerintah dan gereja mamasa rusak dan retak-retak.

Warga kota Mamasa yang baru semalam kembali ke rumah dari pengungsian karena merasa sudah aman dari gunccangan gempa kembali berhamburan ke jalan raya menyelamatkan diri dan anak-anak mereka.

Warga yang panik dan ketakutan tertimpa reruntuhan menyusul gempa keras yan berlangsung selama 2x bertutut turut hanya selisi beberapa menit membuat warga yang ketakutan lari tunganglanggang. Sejumlah warga yang tidak konsentrasi sempat jatuh bangun bangunn saat warga seretak berlarian. Sejumlah ibu-ibu yang sempat terpesrosok ke dalam lubang saat berlarian kkainya terkiliri hingga harus diurut keluarganya.

Gempa dengan magnitudo 5.5 sr, di lokasi 2.96 ls, 119.44 bt atau 13 km Tenggara Mamasa-Sulbar, kedalaman 10 km, Kamis (15/11/2018) terjadi pada pukul 06:01:20 wib. Hanya berselang sekitar 30 menit kemudian gempa kers kembali terjadi dengan magnitudo 5.0 sr  di lokasi 2.91 ls, 119.44 bt atau 12 km Timurlaut Mamasa-Sulbar), di kedalaman 10 km, padapukul 06:31:25 wib.  

Warga kota Mamasa yang baru kembali dari pengungsian ini kembali berhamburan dan berlarian keluar rumah menyelamatkan diri dan anak-anak mereka ke jalan raya.

Tampak suasana jalan-jalan di kota Mamasa pagi tadi diliputi suasana kepanikan. Rbuan warga berdiri di pinggir jalan dan area terrbuka yang jauh dari gedung tinggi atau tiang listrik karena khawatir tertimpa reruntuhan bangunan.

0751511181_SULBAR_WARGA MAMASA JATUH BANGUN BERLARIAN DIGUNCANG GEMPA 2A 008

Elisabet, salah seorang warga mengatakan dirinya lari dengan cepat keluar rumah karna takut tertimpa bangunan, saat gempa kembali terjadi. Ia sempat gemetaran sambil berlari menyelamatkan diri dan keluarganya.

“Saya kira tidak gempa agi ternyata bkembali bikin panik. Warga terpaksa lari kalang kabut mencari rang terbuka yang jau dari gedung dan tiang listrik,”jelas Elisabet, Warga yang ikut panik saat gempa beruntun 2x kembali menggncang Mamasa, kamis pagi tadi.

Sementara ribuan pengungsi yang masih berada di tenda pengungsian di sejumlah loksi di Mamasa juga ikut panik. Pengungsi di lapangan bola kota Mamasa ini juga terlihat panik dan berhamburan keluar tenda saat gempa berkekutana 5.5 sr mengguncang Mamasa saat sebagian masih tertidur pulas.

Beradasarkan pantauan lapangan, sejumlah bagunan tembok mengalami retakan, termasuk beberapa rumah warga dan sejumlah bagunan milik pemerintah rusak. Panggung lapangan upacara kota mamasa, termasuk rumah ibadah yakni gereja masko yang ada di kota mamasa juga mengalami retakan pada bagian dinding dan menara gereja.

Hingga laporan ini dirilis pemerintah setempat belum melaporkan kondisi terakhir pasca gempa.  (K25-11/Junaedi)

 

Diguncang Gempa Beruntun 5,5 SR, Warga Mamasa Jatuh Bangun Berlarian Menyelamatkan Diri

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *