Diduga Terlibat Sindikat Pencurian Ternak, Dua Warga Diringus Polisi

Hukum & Kriminal Kriminal Nasional News Polewali Mandar Sulawesi
Bagikan

POLEWALI MANDAR,KOMPAS.COM – Dua warga yang diduga terlibat pencurian dua ekor ternak sapi milik warga ditangkap petugas Polsek Wonomuyo Polewali Mandar, Sulawesi Barat di dua tempat berbeda, Selasa Malam (4/9/2018).

Rahman (58 tahun) ditangkap di kecamatan mapilli sementara Amiruddin (49 tahun) ditangkap di kampung halamannya di Desa Sabura, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar tersangka tengah beristirahat bersama istri dan anak-anaknya. Sejumlah anak tersangka sempat histeris saat rumhnya dikepung polisi dan ayahnya digiring ke kantor polisi.

 

Kedua tersangka Amiruddin Dan Rahman diduga polisi terlibat persekongkolan dalam melakukan aksi pencurian ternak milik Sulaeman Warga Desa Sabura, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat pada 4 Agustus lalu.

 

Kronologis pencurian sapi ini bermula ketika Agustus lalu, tersangka Amiruddin dan Rahman mendatangi lokasi peternakan sapi di Desa Sabura, kampung halaman Amiruddin di Ecamatan Bulo Polewali Mandar. Rahman sendiri selama ini memang dikenal sebagai pedagang sapi yang banyak mebeli sapi-sapi petani lokal.

 

Amiruddin diduga menunjukk dan mengkelaim dua ekor sapi milik warga sebagai sapi miliknya yang akan dijual. Amiruddin lalu meminta rahman untuk menangkap dua ekor sapi bernilai belasan juta rupiah tersebut. Rahman pun menangkap dua ekor sapi yang ditunjuk amiruddin.

 

Sebelum ia menjual ke pedagang perantara luar, dua kor sapi milik sulaeman tersebut sempat dirawat dan dipelihara rahman di lokasi peternakannya di kecamatan mapilli. Seperti sapisapi yang dibei lainnya dari petani lokal, Rahman tidak langsung menjualnya ke pedagang melainkan dipelihara atau digemukkan lebih dahulu agar harga jualnya bisa lebih tinggi.

 

Saat dalam proses penggemukan di kandang rahman itulah sulaeman mengenali ciri-ciri sapi milinya yang hilang dua ekor dan kini beradadi lokasi peternakana milik rahman.

 

Sulaeman pun akhirnya melaporkannnya ke polisi hingga rahman ditangkap pertama kali di kandang sapinya. Berdasarkan hasil interogasi polisi, rahman mengaku memmbeli dua ekor sapi tersebut dari tangan amiruddin yang ditangkap belakangan di rumahnya saat sedang tidur pulas bersama istri dan anak-anaknya. 

 

Dua anak rahman sempat histeris saat rumahnya dikepng polisi dan ayahnya digiring petugas ke kantor polisi. Ia berusaha merengek kepada petugas agar ayahnya jangan dibawah polisi.

 

Amiruddin yang tiba dikantor Polsek Wonomulyo, beralasan tersangka rahman salah ambil dua ekor sapi yang sempat ia tunjukkan kepada rahman sebelumnya.  Dua ekor sapi tersebut bukan miliknya melainkan milik orang lain. Menurut amiruddin, rahman salah tangkap sapi. Lain yang ditunjuk lain yang ditangkap rahman dan dibawah ke loasi peternakannya.

 

“Dia salah tangkap dua sapi yang ditangkap bukan yang saya tunjuk,”jelas Amiruddin, pelaku pencurian sapi yang ditangkap polisi

 

Namun hasil intergasi polisi rahman mengaku tidak salah tangkap sapi yang dikelaim akan dijual amiruddin di desanya. Alasannya saat ia menangkap dua ekor sapi tersebut dan membawanya ke lokasi peternakannya di kecamatan mapilli, amiruddin juga sedang berada di lokasi.

 

Kapolsek Wonomulyo Polewali Mandar, Kompol Jufri Hamid menyebutkan kedua pelaku ditangkap di dua lokasi berbeda. Kapolsek menyatakan pihaknya akan menyelidiki modus pencurian sapi ala amiruddin dan rahman. Alasannya polsek wonomulyo selama sebulan terakhir menerima banyak laporan warag kehilangan sapi.

 

“Mulanya korban melaporkan sapi hilang dua ekor agustus lalu, setelah diselidiki akhinrya ditemkan di lokasi perternakan tersangka R. Tersangka R yang ditangkap kemudian menununjuk A hingga keduanya pun ditangkap. Kita sedang menyeliki apakah sejumlah laporan warga kehilangan sapi trkait dngan kedua pelaku atau tidak,”jelas Kompol Jufri Hamid.

 

Namun Kapolsek belum bisa memastikan apakah laporan korban yang kehilangan sapi di wilayah Wonomulyo melibatkan keua pelaku atau jaringan lain. Dua tersangka kini mendekam di sel tahanan mapolsek wonomulyo untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.  (MPOL-02)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *