Buaya

Diduga Kelaparan Buaya 5 Meter Menyasar ke Pemukiman Warga

Buaya Lingkungan Mamuju Nasional News Swaka Margasatwa
Bagikan

MAMUJU,LINI1.COM – Diduga karena kelaparan di kolam tempat penangkarannya sejak ditinggal pemilik hampir 4 tahun lalu, seekor buaya sepanjang 5 meter lepas dari kandangnya hingga menyasar ke pemukiman warga di Mamuju sulawesi barat, Selasa sore (14/8/2018).

Buaya yang sedang mencari makan tersebut diketahui pertama kali saat melintas di got depan rumah warga. Untuk menjinakan buaya kelaparan ini warga dan polisI butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk menangkapnya.

 

Proses penangkapan dan evakuasi seeokor buaya sepanjang 5 meter milik salah warga di Mamuju, Sulawesi Barat yang lepas dari tempat penangkarannya bukan perkara mudah. Proses evakuasi buaya tersebut berlangsung sulit karena kondisi buaya berukuran besar tersebut berulang kali meberontak saat hendak diikat warga. Beruntung buaya ini bisa ditangkap warga lantaran kesulitan bergerak di got sempit.

 

Buaya sepanjang 5 meter tersebut baru bisa di evakuasi setelah Anggota Polisi Polres Metro Mamuju datang ktp. Dengan bantu warga sekitar buaya tersebut berhasil di borgol dan diikat menggunakan tali nilon

 

Buaya ini sempat mebuat warga panik dna lari kalang kabut lantaran buaya yang tengah kelaparan ini menyasar masuk ke pemukiman warga mencari makan.

 

Buaya ini diketahui lepas dari kolam penakaran salah satu warga tak jauh dari pemukiman warga. Seperti pantauan kami ke lokasi penagkaran buaya naas yang ditangkap warga dan petugas ini terlihat kondisi sangat kotor dan dipenuhi ranting kayu dan sampah-sampah pelastik.

 

Sementara pemilik buaya tersebut sudah sekitar 4 tahun tidak menetap atau meninggalkan rumah dan tak peduli dengan keberadaan buaya piaraannya di kolam samping rumahnya. Buaya ini diketahui warga jarang diberi makan oleh pemiliknya.

 

Buaya tersebut kemudian dievakuasi ke polres metro mamuju dan rencananya akan di koordinasikan dengan pihak konservasi hewan untuk tempat penampungan buaya yang lebih layak tersebut.

 

Kasat Sabhara Polres Metro Mamuju, Akp. Supomo menyebutkan, butuh waktu lebih dari satu jam berupaya menagkap buaya ganas ini agar tidak menyerang warga. Rencannya buaya tersebut akan disimpan di polres mamuju sampai ada koordinasi dnegan pihak konservasi hewan soal tempat penagkaran yang lebih baik agar binatan ini bisa terpelihara dengan baik.

 

“Untuk sementara kita simpan dulu di polres sambill koordinasi dengan pihak konservasi bagaimana solusi tempat pmeliharannya yang lebih baik,”jelas Akp. Supomo, Kasat Sabhara Polres Metro Mamuju.

 

Banyaknya warga yang ingin melihat proses evakuasi buaya tersebut ganas tersebut, mengakibatkan jalan trans sulawesi barat sempat macet.

 

Untuk menghindari kemacetan, buaya yang berhasil ditangkap warga dan petugas kepolisan tersebut segera dievakuasi warga dan petugas ke kantor polres metro mamuju menggunakan mobil patroli polisi. (KM)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *