Cegah Banjir Jelang Musim Hujan, Warga Kota Polman Gotong Royong Bersihkan Sungai

Bencana Alam Nasional News
Bagikan
  • 3
    Shares

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Untuk mencegah bencana banjir besar menjelang puncak musim hujan tahun ini, Pemerintah Polewali Mandar, Sulawesi Barat mulai membenahi sejumlah saluran dan muara sungai yang diduga bisa menjadi pemicu banjir besar di Polewali Mandar, termasuk wilayah Kota Polewali yang rawan banjir. Warga bersama Dinas terkait bergotong royong membersihkan sejumlah muara sungai dan saluran yang mengalami sedimentasi atau pendangkalan akibat timbunan lumur, sampah dan rerumputan yang tak pernah dibersihkan selama musim kemarau.

Warga Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, misalnya melakukan kerja bakti bersama aparat pemerintah terkait untuk membersihkan sungai dan kanal-kanal. Sampah sampah yang tertahan dibawah kolong jembatan diangkat dan diangkut oleh mobil petugas pengangkut sampah.

WARGA GOTONG ROYNG BERSIHKAN SUNGAI 2 001

Langkah bersih-bersih kota ini didukung dinas terkait seperti badan perencanaan pembangunan aderah, badan lingkungan hidup dan dinas pekerjaan umum kabupaten setempat yang turun langsung ke lokasi melihat kondisi yang terjadi. Mereka bekerjasama dengan warga sekitar dengan cara bergotong royong membersihkan sungai dari sisa sisa banjir.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Polewali Mandar, Darwin Badarudddin mengatakan, pihaknya akan secepatnya melakukan upaya normalisasi sungai dan kanal-kanal yang mengalami sedimentasi, termasuk akan melakukan perbaikan sejumlah jembatan yang diduga menjadi penyebab utama terjadinya banjir lantaran lebar atau bentangan jembatan sudah tak mampu menampung debit air terutama saat hujan deras terjadi di sepanjang muara sungai, hingga harus dilebarkan.

“Kita akan melakuan secepatnya pengerukan sungai termasuk perbaika jembatan yang menjadi pemicu banjir,”jelas Darwin Badarudddin, Kepala Bappeda Polewali Mandar

sebelumnya, sungai mammi meluap kemarin setelah diguyur huajan hanya beberapa jam. Banjir tak hanya merendam pemukiman warga, namun juga menyebbakan kawanan areal prtanian dan tambak milik warga meluap. (MPOL-05).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 3
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *