Caleg Mantan Koruptor Akhirnya Dicoret KPU

Hukum KPU Legislatif Nasional News Pileg
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (Kpud) Polewali Mandar, Sulawesi Barat akhirnya mencoret nama caleg mantan koruptor dari Daftar Calon Sementara (Dcs) 2019. Keputusan ini diambil kpu selain karena dcs yang ditetapkan kpu mendapat tanggapan warga, juga sesuai dengan peraturan P-K-P-U nomor 7 tahun 2017 yang melarang setiap mantan napi koruptor maju sebagai caleg dalam pemilihan legislatif 2019.

Setelah sempat dinyatakan lolos dari Daftar Calon Sementara (Dcs), Komisi Pemilihan Umum Daerah (Kpud) Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, akhirnya mencoret salah satu bacaleg partai demokrat karena terbukti pernah terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi.

Juliani, merupakan bacaleg dari partai Demokrat yang berasal dari daerah pemilihan wilayah satu yang meliputi kecamatan binuang dan polewali. Juliani dinyatakan pengadilan terlibat dalam kasus tindak pidana korupsi dana P-P-K Pada tahun 2005 silam.

 

Komisi divisi data Kpu Polewali Mandar, Hasriadi kepada wartawan di kantornya, Senin (10/9/2018) menyatakan, setelah daftar dcs ditetapkan masyarakat diberi kesempatan untuk melakukan klarifikasi terhadap caleg yang dinyatakan lolos dalam dcs, karena mendapat tanggapan warga, yang bersangkutan akhirnya dihapus dari dcs yang sudah ditetapkan.

 

“Setelah melalui tahapan verifikasi dan klarifikasi ke berbagai pihak termasuk ke partai yang mengusung caleg bersangkutan, KPU akhirnya menghapus nama brsangkutan karena dinilai elanggar ketentuan KPKU,”jelas Hasriadi, Komisi Divisi Data KPU Polewali Mandar

 

Hasriadi menyatakan, kpu polewali mandar terpaksa mencoret nama bacaleg tersebut setelah ada tanggapan dari masyarakat. Langkah ini sendiri diambil kpu polewali mandar sesuai dengan peraturan P-K-P-U Nomor 7 tahun 2017 yang melarang setiap mantan napi koruptor maju dalam pemilihan legislatif 2019.

 

Sejumlah mantan napi koruptor juga semat jadi kontroversi publik lanataran dinyatakan berhak menjadi caleg hingga berpolemik panjang.  (MPOL-03).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *