Buaya Ditangkap Setelah Diburu 4 Jam Oleh Petugas BKSDA Dibantu Pawang

Buaya Hukum Lingkungan Majene Nasional News
Bagikan
  • 1
    Share

MAJENE,LINI1.COM Petugas BKSDA dibantu seorang pawang buaya melakukan perburuan buaya di sepanjang muara sungai tubo, kecamatan sendana majene, sulawesi barat, senin malam (17/9/108). Satu dari sekian kawanan buaya ini ditangkap karena alasan kemunculannya beberapa kali di sepanjang muara sungai tubo meresahkan warga. Buaya yang tak berdaya karena seluruh badannya diikat ini jadi ajang selfie warga.

 

Penangkapan seekor buaya rakasasa sepanjang tiga meter lebih di Sungai Tubo Poang, Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat ini menggerkan warga setempat. Buaya ini berhasil ditangkap petugas bksda bersama warga dibantu seorang pawang buaya, saat muncul senin malam.

 

Warga  yang mengetahui tertangkapnya seekor buaya raksasa yang selama ini sering menampakkan diri di sepanjang muara sungai tubo datang berbondong-bondong ke lokasi untuk melihat langsung buaya yang panjangnya pantastis mencapai 3 meter lebih.

Petugas Bksd bersama warga yang melakukan perbuaruan buaya di muara sungai tubo memerlukan waktu selema  lebih dari 4 jam hingga buaya muara ini berhasil  ditangkap warga setempat dibantu pawang buaya.

 

Warga dan petugas BKSDA menagkap buaya dalam keadaan hidup dengan peralatan seadanya,  saat buaya raksasa ini muncul dipermukaan air sungai pada malam hari.

 

Menurut petugas badan konservasi sumber daya alam sulawesi barat, penangkapan buaya raksasa ini dilakukan karena kemunculannya berkali-kali di sepanjang muara sungai tubo telah meresahkan warga setempat saat melakukan aktifitias di sungai.

“Buaya ini ditangkap karena kemunculannya di sepanang muara Sungai Tubo meresakan warga,”jelas Ardi, Kepala Resort BKSDA Sulawesi Barat.

Kemunculan buaya di Sungai Tubo  ini sudah terjadi beberapa bulan terakhir ini membuat warga yang bermukim disekitar bantaran sungai resah dan cemas.

 

Atas bantuan warga dan seorang pawang, petugas BKSDA melakukan perburuan buaya selama hampir 4 (empat jam) di sepanjang muara sungai. Selama proses pencarian ratusan warga setempat tumpah ke bibir sungai untuk menyaksikan upaya perbuaruan buaya raksasa ini hingga akhirnya berhasi ditangkap.

 

Warga yang menyaksikan buaya raksasa yang sudah tak berdaya karena seluruh badannya diikat tali ini menjadikannya sebagai ajang tempat selfie atau sekedarhiburan.

 

Namun perburuan buaya penghuni Sungai Tubo ini juga mengundang reaksi dan keritikan berbagai aktifis lingkungan di Sulawesi Barat. Alasannya buaya sebagai salah satua mata rantai dalam eko sistem hidup juga harus dipertahankan, sebab dengan menggnggu dan memusnahkan salah satu mata rantai dalam ekosistem akan mengganggu secara keseluruhan sebuah ekostem hidup.

Rencananya Petugas Badan Koservasi Dan Sumberdaya Alam  (Bksda) akan melepas buaya ini ke  tempat penangkaran buaya di Palopo, Sulawsi Selatan.  (MMJNE-03).

Buaya Ditangkap Setelah Diburu 4 Jam Oleh Petugas BKSDA Dibantu Pawang


Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *