Belasan Hektar Hutan Terbakar Bikin Panik Warga Mamuju

Bencana Alam Lingkungan Mamuju Nasional News Swaka Margasatwa
Bagikan

MAMUJU,LINI1.COM – Belasan hektar hutan di Desa Tadui, tak jauh dari pemukiman Warga Di Mamuju Sulawesi Barat terbakar, membuat warga di sejumlah dusun panik, Kamis Malam (16/8/2018). Kondisi hutan yang ditumbuhi dengan pepohonan kering dan padang

ilalang yang mudah terbakar, membuat api dengan cepat membakar hutan kering di lokasi yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Bandara Tampa padang Mamuju tersebut.

 

Petugas pemadam tampak kewalahan menjinakkan  api selain karena kondisi medan hingga ke puncak gunung juga karena lokasi kebakaran yang luas.

 

Beginilah susana kebaran hutan di Desa Tadui, Mamuju, Sulawesi Barat Kamsi Petang. Api dengan mudah membakar hutan tersebut karena ditumbuhi pepohonan dan padang ilalang kering yang mudah terbakar. Belum diketahui pasti dari mana sumber api yang tiba-tiba membakar kawasan hutan di lokasi tersebut, namun api diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang warga serampangan.

 

Puluhan petugas kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan api, namun petugas pemadam kesulitan memadamkan api, lantaran kondisi medan yang terbakar menyebar dan berada di puncak gungung yang terjal.

 

Untuk mengantisipasi api yang terus meluas puluhan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dengan alat seadanya dibantu petugas dari kepolisian dan tni.

 

Kepala Seksi Dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Mamuju, Randi menyebutkan, petugas kewalahan meadamkan api, selain kondisi medan yang sulit, juga karena penyebaran titik api yang terus dan tak bisa dijangkau peralatan pemadaman kebakaran milik petugas pemadam.

 

“Medannya yang sulit serta peralatan yang tidak memadai untuk menjangkau lokasi kebakaran menjadi kendala pewtugas menjinakkan api,”jelas Randi, Kepala Seksi Dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Mamuju.

 

Sejumlah warga di lokasi menyebutkan kebakaran hutan ini bermula sejak Kamis sore sekitar pukul 15.30 wita. Api dengan cepat merembek luas dan membakar apa saja di sekitarnya.

 

Situasi ini sempat membuat panik warga yang bermukim di sejumlah dusun tak jauh dari lokasi kebakaran panik. Meski api belum sempat merembek ke pemukiman warga namun asap tebal akibat kebakaran sempat membuat warga tersiksa dengan asap.

 

“Sumber api memang belum menjangkau pemukiman warga namun asap tebal cukup mengganggu warga,”jelas Mirza, salah satu wara di lokasi kebakaran

 

Meski lokasi kebakaran tak jauh dari bandara udara tampa padang mamuju namun tidak menyebakan penerbangan dari dan ke beberapa rute tujuan keberangkatan dna kedatangan di bandara tersebut terganggu.

 

Meski tak ada korban jiwa dalam kasus ini, namun kerugian materil berupa tanaman dan pepohonan yang terbakar ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. (KMJ1)

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *