Sidang Ajudikasi

Bawaslu Anulir Putusan KPUD Mamasa Terkait Daftar DCS

Gakkumdu Hukum KPU Legislatif Mamasa Nasional News
Bagikan

MAMASA,LINI1.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat menganulir keputusan Kpud Mamasa terkait pengguran salah satu caleg Partai Ppp karena dinilai terdaftar di dua partai berbeda.

Dalan sidang ajudikasi yang melibatkan partai Ppp dengan Kpud Mamasa di Kantor Panwaslu Mamasa, Selasa (4/9/2018), sidang yang menghadirkan kuasa hukum pemohon Dpc Ppp Kabupaten Mamasa, Soleman Puanglangi dan Kpu Mamasa menyatakan pemohon Edi Mulyono, caleg Partai Ppp mamasa tidak terbukti tercatat sebagai pengurus di dua partai berbeda, berdsarkan bukti-bukti dan keterangan kesaksian ahli.

 

Sidang adjudikasi terkait sengketa daftar caleg sementara (dcs) pemilu yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu Mamasa, Rustam Pasiduru memutuskan atau menganulir keputusan kpud mamasa terkait pengguran edi mulyono pualilin sebagai caleg ppp yag semula dinilai kpud mamasa tercatat di dua partai berbeda yakni Partai Gerindra Dan Partai Ppp.

 

Namun dalam proses persidangan Bawaslu Mamasa menyatakan edi mulyoni tidak terbukti terctat di dua partai berbeda. Keputusan itu diambil setelah sidang bawaslu mendengarakan keterangan saksi dan keterangan ahli termasuk bukti-bukti yang dihadirkan dala persidangan martotan tersebut.

 

Bawaslu meminta Kpud Mamasa agar mengakomodir caleg ppp mamasa, edi mulyono pualillin yang telah digugurkan oleh kpu mamasa dalam dcs beberapa waktu lalu. 

 

“Berdasarkan keputusn sidang Bawaslu meminta KPUD Mamasa agar mengakomodasi caleg partai PPP sebagai salah satu caleg. Ini putusan bersipat mengikat dan KPUD Mamasa harus mengakomodasi pemohon,”jelas Rustam Pasiduru/Ketua Bawaslu Mamasa

 

Kuasa Hukum Dpc Partai Ppp Kabupaten Mamasa, Soleman Paung Langi menymbut gembira atas putusan bawaslu tersebut yang memennagkan kliennya. Dengan adanya putusan tersebut berarti caleg ppp yang sebelumnya dibatalkan kpu dalam dcs. Kembali bisa menjadi caleg ppp lagi.

“Tentu saja senag dna bangga klien kami bisa didaftarkan menjadi caleg yang sah. Sejak awal kami melihat ada celah hukum yang bisa jadi jalan untuk klien kami dna itu terbukti,”jelas Soleman Puanglangi, Kuasa Hukum Partai Ppp Kabupaten Mamasa

 

Putusan sidang kpu mamasa ini bersifat final dan mengikat, sehingga kpu mamasa sebagai penyelenggara pemilu harus melaksanakan putusan tersebut, putusan itu harus ditindak lanjuti dalam 3 hari kerja mendatang. (MPOL-02)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *