Bocah Berbalut Kulit

Badan 2 Bocah ini Tinggal Tulang Berbalut Kulit

Anak dan Problematikanya Kesehatan Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Bahctiar (5 Tahun) dan Aladin (15 tahun), dua bocah kurang gizi dan menderita konplikasi penyakit lainnya, kini dirawat intensif di Rsud Polewali Mandar, Kamis (9/8/2018). Bahctiar menderita gizi buruk dan TB paru hingga tubuhnya

tinggal tulang belulang. Sedangkan aladin juga mengalami kondisi serupa hingga tubuhnya terlihat kurus kering. Lemahnya sistem bpjs mendeteksi dini penyakit yang diderita masyarakat di lingkan pukesmas setempat, membuat banyak kasus baru terdeteksi dan ditangani petugas setelah kondisi koban akut.

 

Kondisi tubuh bocah Bahtiar (5 tahun) yang tampak kurus kering ini cukup memperihatinkan. Anak pertama pasangan Bayani 25 dan Rahman 30 ini terlihat hanya tulang berbalut kulit.

 

Sejak masuk ke rumah sakit empat hari lalu, bahtiar divonis menderita kelainan gizi dan juga anemia serta penyakit tb paruu hingga berat badannya hanya mencapai 6 kilogram saja. Atau berat badannya jauh di atas normal anak-anak seusianya.

 

Ironisnya, Bahtiar yang juga anak pasangan warga kurang mampu yang ayahnya bekerja sebagai tukang becak ini sudah kali ke empat ia dilarikan ke rumah sakit.

 

Menurut Bayani 25 tahun, selamah dirawat di rumah petugas kesehatan  rutin memberikan susu dan biskuit, namun kondisi putranya belum menunjukkan kemajuan.

 

Kondisi yang sama juga dialami Aladin, meski usianya sudah beranjak 15 tahun, namun  berat badannya hanya 20 kilogram saja. Aladin divonis menderita kelainan gangguan gizi atau gizi buruk.

 

Aladin asal kecamatan polewali ini terpaksa putus sekolah sejak enam tahun lalu. Lantaran Aladin sakit menahun yang dideritanya. Meski sudah bertahun-tahun teronggok sakit di tempat tidur, namun aladin baru pertamakali dirawat di rumah sakit setelah empat hari lalu kondisi badannya sempat drop dan lemas. Selama ini aladin hanya dirawat di rumah saja oleh ibu dan kakeknya.

 

Seperti Bahtiar, kondisi tubuh aladin hanya tampak tulng belulang ini juga mengalami kurang gizi akbatkan penyakit yang tb kelenjer serta anemia yang dideritanya dan tak kunjung sembuh.

 

Awal komplikasi penyakit yang diderita aladin bermula hanya dari luka di leher yang tak kunjung sembuh hingga membuat tubuhnya kurus kering. Bahkan bocah malang ini hanya bisa terbaring selamah 6 tahun di rumah kakeknya.

 

Sebelumnya sejumlah kasus serupa juga ditemukan menimpa bocah lainnya di polewali mandar. Seorang bocah bernama muhammad juga mengalami gizi buruk hingga perutnya tampak mebuncit sedang tubuhnya kurus kerempeng.

 

Keluarga kedua bocah malang ini berharap adanya uluran tangan pemerintah daerah atau dermawan yang bisa mebantu meringankan penderitaan mereka. Kewtidak mampu ekluarab miskin ini menenuhi gizi anaknya menjadi salah satu pemicu kondisi badan kedua bocah ini tak kunjung membaik. (KP)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *