Atraksi Terjun Payung Pasukan Elit Kostrad Menginfiltrasi Kelompok Separatis, Pukau Warga Polman

Nasional News Polewali Mandar
Bagikan
  • 1
    Share

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Atraksi terjun payung 207 pasukan elit Kostrad dalam Puncak latihan Taktis Operasi lintas Udara Yonif Para Raider 431, Brigif 3, Divif 3 Kostrad menginfiltrasi kelompok separatis, memukau ribuan warga Polewali Mandar, Sulawesi barat yang antusias menyaksikan jalannya prosesi latihan selama dua hari, Pasukan para Rider yang memiliki skill dan kemamuan taktis operasi rider dan operasi lintas udara ini biasanya dikerahkan saat situasi daerah tertentu tak mampu lagi dikuasasi dan dikendalikan oleh satuan-satuan setempat.

207 pasukan para rider ini menggelar atraksi terjun payung di kelurahan Mambulling Polewali madar, sulawesi barat, Kamis (22/11/2018). Ribuan warga yang antusias ingin menyaksikan atraksi terjung payung pasukan elit kostrad tersebut sudah memenuhi jalan kartini, Polewali Mandar usai sholat subuh. Dua pesawat hercules milik TNI yang dibagi dalam tiga sortie penerbangan menerjunkan 207 para rider di daerah sasaran untuk memutus garis kontak musuh. Tak heran jika Pemandangan langit Polewali Mandar pun mendadak seperti ditumbuhi jamur tiram. 

Dalam skenario latihan operasi lintas udara tersebut digambrakan Polewali Mandar Tengah dikuasai kelompok seperatis bersenjata, yang tidak mampu lagi dikuasai oleh satuan-satuan TNI setempat. Sesuai laporan intelijen kelompok separatis tersebut telah menembak dan menyandera sejumlah pejabat setempat sebagai bergaining politik mereka.

0752611181_SULBAR_ATRAKSI TERJUN PAYUNG PASUKAN ELIT KOSTRAD PUKAU WARGA POLMAN 3A 005

Berdasarkan laporan intelijen tersebut Presiden memerintahkan operasi militer kepada panglima TNI. Panglima kemudian menugaskan divisi 3 Infanteri Kostrad melalui batalion Infanteri Yonif Para Raider 431/SSP Brigif 3 Kostrad yang berkedudukan di Kariango Maros untuk melakukan misi serangan.

Untuk mengendalikan situasi, Prajurit Kostrad dari Yonif Para Raider, Brigif 3, Divif 3 Kostrad diperintahkan Melakukan Operasi Lintas Udara untuk merebut kembali kabupaten Polewali Mandar yang dikuasi musuh.

Setelah seluruh pasukan para rider mendarat, pasukan tersebut kemudian  melakukan penyerbuan ke desa Conggo yang menjadi markas kelompok separatis bersenjata. Dalam beberapa jam pasukan elit kostrad ini berhasil melumpuhkan musuh.

Karena musuh atau kelompok separatis yang kocar kacir sebagian melarikan diri ke Kabupaten Pinrang, Sulawesi selatan, selanjutnya pasukan raider melakukan upaya pengejaran sampai ke kabupaten Pinrang dengan berjalan kaki menyusuri sungai dan pegunungan.

0752611181_SULBAR_ATRAKSI TERJUN PAYUNG PASUKAN ELIT KOSTRAD PUKAU WARGA POLMAN 3C 011

Latihan operasi lintas udara dan operasi rider ini digelar untuk meningkatkan kemampuan taktis personel Kostrad sebagai prajurit lintas udara atau prajurit Para Raider agar siap menghadapi beragam medan tempur saat menjalankan tugas atau misi negara.

Ribaun warga yang menyaksikan atrasksi terjun payung ini berdecak kagum menyaksikan kemampuan dan keberanian para rider terjun payung di sasaran musuh.

Urwa, warga Pambusung, sekitar 45 kilometer dari lokasi latihan terjun payung mengaku subuh hari sudah beraddi lokasi latihan agar ia bisa menyaksikan sleuruh rangkaian terjun payung para rider. Urwa mengaku bga dan takjub atas kemmapun skil para rider menysup ke daerah musuh.

“Bangga dan takjub prajurit tni menunjukkan kemampua mereka terjun payaung dan menyerang ke sasaran musuh,”jalasa Urwa mnegaku snagat terhibur dna banga menyaksikan latihan para rider.

Senada dengan Urwa, Haji Tanda warga Polewali Mandar lainya mengaku datang rame-reme dengan tetangganya usai sholat subuh. Karena latihan terjun payung dan atraksi sernagan pasukan para rider ke sasaran musuh dimulai subuh hari, Haji Tanda mengaku sengaja datang lebih pagi agar ia bisa meyaksikan semua jalannya kegiata latihan Tanda sendiri mengaku keluarga pecinta TNI.

“Saya dan keluarga ini dari dulu pecinta TNI, makanya saat saya dengar ada latiha terjun payung saya sengaja datang lebih cepat agar bisa meyaksikan atraksi terjun payung seluruhnya hingga selesai,”jelas Tanda

Latihan puncak tersebut dihadiri Kepala Staf Divisi Infanteri(Kasdivif) 3 Kostrad Brigjen TNI Dwi Darmadi, Asintel Divif 3 Kostrad Kolonel INF Enjang, Kasbrig 3 Kostrad Letkol Inf Susilo,  Kapolres Polman, Kasdim 1402/Polmas serta SKPD Kabupaten Polman.

Kepala Staf Divisi Infanteri(Kasdivif) 3 Kostrad Brigjen TNI Dwi Darmadi menyatakan, latihan operasi lintas udara dengan terjun payung dan operasi rider pasuka elit kostrad yang menyerang ke sasaran musuh aalah upaya untuk terus mengasah kemampuan taktis para rider dalam menaklukkan musuh-musuhnya.

“Disebut para rider karena pasukan elit kostrad ini tidak hanya memiliki kemampua operasi rider tapi juga operasi lintas udara dalam melumpuhkan musuh seperti yang kita lakukan hari ini,”jelas Dwi

0752611181_SULBAR_ATRAKSI TERJUN PAYUNG PASUKAN ELIT KOSTRAD PUKAU WARGA POLMAN 3A 011

Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letkol Arh Dedi Setia Arianto yang menyaksikan jalannya latihan ini menyampaikan terima kasih kepada Brigif 3, Divif 3 Kostrad sudah melaksanakan latihan di wilayah Kodim 1402/Polmas.

“Mewakili masyarakat Polewali Mandar Kami menyampaikan terima kasih karena sudah melaksanakan latihan di kabupaten Polewali Mandar,” Ungkapnya.

Masyarakat sangat antusias dan menyambut gembira pasukan elit TNI diterjunkan di Polman dan ini pertama kalinya ada latihan terjun payung di Polman. (MPOL-07).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan
  • 1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *