Aktifitas Belajar Di Polman Buyar Diguncang Gempa Beruntun 5,5 SR

Bencana Alam Gempa Mamasa Nasional News Pengungsi Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.COM – Gempa beruntun dengan magnitudo hinggi 5,5 SR yang mengguncang mamasa Dan Polewali Mandar, Sulawesi Barat selama 3x berturut turun hingga menjelang Kamis Siang tadi (15/11/2018) membuat aktifitas belajar di sekolah-sekolah di Polewali Mandar buyar. Siswa yang tengah belajar mempersiapkan diri menghadapi semester pertama tahun ini, tiga kali dilanda kepanikan hingga berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri.

Ratusan siswa Sd Labasang Polewali Mandar ini tampak panik dan berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri saat gempa dengan kekuatan 5,5 Sr menggucang saat mereka tengah belajar di kelas masing-masing.

Para siswa berlarian ke luar halaman sekolah karena takut tertimpa reruntuhan bangunan sekolah. Sejumah orang tua yang khawatir akan keselamatan anaknya di sekolah memilih menjemput pksa dna meulangkan anaknya sebelum jam sekolah berakhir. Sejumlah orang tua lainnya memilih mendampingi anaknya di sekola karena khawatir dengan gempa-gempa susulan yang terus terjadi.

Jamaluddin, Siswa Sd Labasang mengaku pani dna tak bisa berkonsentrasi belajar lantaran baru saja beberapa menit kembali duduk di kelas menerima pelajaran, gempa yang membuat panik siswa kembali mengguncang. Para siswa pun berhambura hingag aktifitas belajar buyar untuk kesekiaj kalinya.

“Tidak bisa konsentrasi belajar pak, lari terus dari ruangan kalau gempa lagi,”jelas Jamaluddin, Siswa SD Labasang yang lari ke luar halaman sekolahnya karena panik.

0751511183_SULBAR_AKTIFITAS BELAJAR BUYAR DIGUNCANG GEMPA 5,5SR – 2A 005

Untuk mengantisipasi kepanikan para siswa yang terus diguncang gempa di kelas, para guru sd labasang langsung memberikan pemahaman mitigasi bencana. Para siswa dibimbing dan diajari bagaimana cara mereka menyelamatkan diri demi mengurangi resiko bencana jika terjadi gempa bumi. Salah satunya para siswa diminta berlarian sambil memperhatikan keadaan di sekitarnya menuju lapanga terbuka, seperti halaman sekolah yang aman dari gempa dan reruntuhan bangunan.

Sejumlah sekolah yang cemas dan stres siswanya terus diguncang gempa memilih memulangkan siswanya lebih awal dari biasanya. Sd 007 takatidung mislaya memilih saat siswanya kembali diguncang gempa untuk ketiga kalinya.

“Kepala sekolah bilang pulang saja dari pada diguncan gempa terus. Hati-hati di jalan jangan panik,”tutur Rifqy salah satu siswa SD 007 Takatidung menirukn ucapan kepala sekolahnya.

Sejumlah sekolah lainnya meski panik dan ketakutan tetap menuggu perintah dari dinas pendidikan setempat. Apakah mereka memulangkan siswanya lebih awal atau tetap belajar seperti biasanya meski mereka terus diguncang gempa

Kepala Sd Labasang, Muh Jabir menjelaskan gempa beruntun yang terjadi sejak pagi menyebakan para siswa tak bisa tenang dan berkonsentrasi belajar lantaran terus diguncang gempa keras yang membuat para siswa panik dan ketakutan hingga mereka berlarian meninggalkan kelas saat gempa terjadi.

“Untuk menenangkan para sisw ayng panik para guru kita minta agar memberi pemahaman mitigasi bencana kepada para siswa untuk mengurangi resiko behaya terutama saat gempa terjadi,”jelas Muh Jabir, Kepala Sd Labasang

Meski para siswa dan guru panik diguncang gempa beruntun hingga menjelang siang ini, namun pihak sekolah sd labasang memilih tetap tinggal di sekolah sambil menunggu instrusi dari dinas pendidikan setempat. (MMAS-07).

 

Aktifitas Belajar Di Polman Buyar Diguncang Gempa Beruntun 5,5 SR

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *