Akibat Kemarau, Warga Beralih Gunakan Sumur Bor

Bencana Alam Kemarau Nasional News Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR,LINI1.com – Pasokan air bersih yang tidak lancar dari pdam, sejak musim kemarau tiga bulan terakhir, membuat warga yang kesulitan air bersih  terpaksa beralih menggunakan sumur bor. Namun mencari titik air yang cukup di dasar tanah bukan perkarah mudah, warga terpaksa berpindah-pindah melakukan pengeboran dari satu titik ke titik lain di atas lahan mereka sampai mendapatkan titk atau sumber air yang memadai.

Warga yang kesulitan air bersih di perumahan btn marwah regency sembilan, Rea Barat, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat misalnya ini terpaksa beralih mencari sumber air dengan cara menggali sumur bor di lokasi pekarangan mereka.

Langka ini terpaksa dilakukan  warga, sejak sumber air dari jaringan air pdam sudah tidak lancar mengalir ke rumah-rumah pelanggannya, akibat kemarau melanda tiga bulan terakhir, selama ini warga kompleks perumahan mengeluh karena kesulitan mendapatkan pasokan air bersih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari seperti mandi, mencuci dan minum.

 

Namun menggali sumur bor untuk menemukan titik air yang melimpah bukan perkarah mudah.  Untuk menggali sumur bor di kompleks perumahan milik warga ini misalnya, pengelola jasa pembuat sumur bor terpaksa harus berpindah-pindah titk lokasi melakukan pengggalian titik sumur, lantaran sumebr air di dasar tanah tidak cukup memadai.

 

Wiwik, salah satu ibu rumah tangga di Komplek Perumahan Marwah Rengency Jumat (21/9/2018) mengaku terpaksa menggali sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air keluarganya setiap hari, meski hanya untut mandi dan minum

 

“Air PDAM susah pak tidak lancar mengalir, makanya warga biki sumur bor lagi,”jelas Wiwik, Warga BTN Marwah regency.

untuk membuat sumur bor, warga harus mengeluarkan biaya sebesar satu juta lima ratus ribu rupiah. Meski pun mahal, warga tetap rela membayar demi mencukupi kebutuhan air mereka setiap hari.  (MPOL-03).

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *