30 Polisi Dikerahkan Padamkan Hutan Lidung yang Terbakar

Bencana Alam Kebakaran Hutan Lingkungan Mamasa Nasional News
Bagikan

MAMASA,LINI1.COM Kebakaran di kawasan hutan lindung di Pegunungan Osango, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat,  nyaris merembet ke permukiman penduduk, Senin Malam (17/9/2018). Sebanyak 30 personil polisi Polres Mamasa dan warga setempat bahu membahu memadamkan puluhan titik api agar tidak meluas dan membakar kawasan hutan lainnya termasuk pemukiman penduduk yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kebakaran pertama.

 

Semak belukar, ranting kayu dan dedaunan kering membuat belasna tiitk api di lokasi dengan cepat merembek luas dna memmbakar lhan di sekitarnya. Kencangnya tiupan apin mebuat titik ai dengan cepat merembek luas hingga menyulitkan warga dan petugas memadaman titik api.

 

Kondis medan pegunungan yang terjal yang tidak mudah dijangkau membuat sejumlah titik api yang mebakar kawasan hutan tak bisa dijangkau warga dan petugas.

 

Dua unit mobil pemadam kebakaran yang disiagakan di lokasi, tak mampu menjangkau lokasi titik api. Selain karena tak ada jalan ke lokasi titik api, juga arena kondisi perbukitan  yang tak bisa dilalui kendaraan.

 

Puluhan personil polisi polres mamasa bersama warga setempat pun dikerahkan bersama warga untuk memadamkan api. Petugas dna warga yang panik karena tiba-tiba pemukiman mereka dikepung asap terlibat saling berjibaku memadamkan api yang membakar semak belukar  dengan  peralatan seadanya agar kobaran api tidak merembet luas termasuk ke permukiman warga.

 

Sat Intel Polres Mamasa, Ipda  M.Ilyas yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan pemadaman api dengan alat seadanya karna mobil damkar milik pemadam kebakaran tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran.

 

Sekitar 30 anggota polres mamasa yang diturunkan ke lokasi dengan bantuan warga setempat, berhasil memadamkan api dengan cara memutus mata rantai penyebaran api. Material yang mudah terbakar di sekitar titik api dibersihkan petugas agar penyebaran api tidak melebar ke tempat lain.

 

Namun banyaknya titik api membuat petugas dan warga terpaksa bekerja ekstra menghalau penyebaran api di sekitar lokasi kebakaran.

 

“Kondisi lembah dan pebukitan menyulitkan petugas memadamkan api secara manual. Ini juga tidak bisa dijngkau kendaraan damkar karena tak ada jalan ke lokasi,”jeas Ipda M. Ilyas, Sat Intel Polres Mamasa.

 

Meski api berhasil dipadamkan, sejumlah petugas dan mobil pemadam kebakaran masih disiagakan dilokasi pemukiman warga untuk mengatisipasi kebakaran susulan. Pasalnya sejumlah titik api yang tidak bisa dijangkau masih berpotensi memicu kebaaran.

 

Hingga saat ini belum diketahui penyebab darimana sumber api yang memicu terjadinya kebakaran hutan di lokasi. Namun sejumlah warga menduka, kebakaran kawasan hutan lindung tak jauh dari kota mamasa tersebut diduga ulah warga yag mebuang puntung rokok secaraserampangan hingga memicu terjadinya kebakaran di lokaSI. (MMAS-02).

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *