3 Hektar Kebun Milik Warga Ludes Dilalap Api

Bencana Alam Kebakaran Hutan Majene Nasional News
Bagikan

MAJENE,LINI1.COM – Tiga hektar kebun dan kawasan hutan di Majene, Sulawesi Barat ludes dilalap api, Jumat (31/8/2018). Tanaman kebun seperti pisang, kakao, mangga dan rambutan dan sejumlah tanaman tahunan lainnya terbakar. Kebakaran hutan dan kebun ketiga kalinya di

wilayah majene ini terjadi di wilayah Bukit Salogang Kelurahan Baruga, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene.

 

Lahan perkebunan seluas sekitar 3 hektar milik warga hangus dilalap si jago merah. Lokasi kebakaran yang terletak di perbukitan mengakibatkan pemadam kebakaran sulit menjangkau lokasi lokasi kebakaran.

 

Kebakaran lahan dan  perkebunan ini juga membuat sejumlah peternak kambing di disekitar lokasi kebakaran mengungsikan ternak kambing mereka ke tempat aman dari api dan kepngan asap tebal.

 

Sejumlah kandang kambing milik warga bahkan nyaris terbakar. Cepatnya tiupan angin dan api meremek mebuat warga sempat panik dna kelmpungan mengamankan ternak kambi8ng mereka dari8 lokasi kebakaran.

 

Bripka Rifki, Petugas Polres Majene yang ikut mebanu warga melakukan pemadaman di sejumlah titik untuk memutus mata rantai penyebaran api enyebutkan, tak hanya kawasan hutan yang terbakar namun juga kebun produktif milik warga ikut ludes dilalap api.

 

“Bukan hanya hutan tapi juga kebun milik warga terbakar. Sejumlah peternak kambing yang kandangnya nyaris terbakar mengungsikan ternaknya,”jelas Bripka Rifki, Petugas Polres Majene

 

Agar sebaran api tidak semakin meluas warga setempat yang berada di lokasi kebakaran berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya  dibantu aparat kepolisian dari Polres Majene.

 

Namun kondisi angin kencang membuat kobaran api semakin membesar apalagi lokasi kebakaran dipenuhi ilalang kering dan ranti8ng p8ohon.

 

Sejumlah petugas Polres Majene ikut terjun ke lokasi kebakaran. Atas kejadian ini polres majene mengimbau warga agar lebih waspada terhadap segala pemicu kebakaran di musim kemarau.  (MJN-03)

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *