Enam Negara Tampil di Ajang PIFAF Internasional di Polewali Mandar

Budaya Cendekia Life Style Nasional News Polewali Mandar Wisata Edukasi
Bagikan

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.COM – Sebanyak enam negara yang menjadi duta kebudayaan dari negaranya masing-masing, tampil dalam ajang event internasional pifaf di polewali mandar, sulawesi barat, rabu sore (1/8/2019) kemarin. Dalam event yang digelar selama sepekan ini berbagai kegiatan pementasan seni dan budaya ditampilkan dari 6 negara peserta, termasuk ajang pameran produksi pertanian unggulan dari 16 kecamatan di Polewali mandar.

Event ini sendiri bertujuan untuk menggairahkan industri pariwisata Polewali mandar guna meningkatkan kunjungan wisata ke Polewali mandar.

Kementerian pariwisata republik indonesia bersama gubernur Sulawesi barat, Ali baal Masdar secara resmi membuka acara Polewali Mandar Internasional Folk And Art Festival (PIPAF) di Stadion H.S Mengga, Polewali Mandar, Rabu sore kemarin

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Ribuan warga dan wisatawan yang antusias menyakikan event tahunan ini memadati stadion sejak siang. Sebanyak enam negara peserta tampil dalam event bertaraf internasional ini diantaranya Ekuador, Ceko, Timor Leste, Slovakia, Korea Selatan, India, serta Indonesia sendiri selaku tuan rumah.

Event pifaf ini merupakan yang ke empat kalinya digelar dan telah termasuk dalam daftar 100 kalender event kementerian pariwisata indonesia. Event ini akan berlangsung di arena sport center, hs mengga, mulai tanggall 1 hingga 7 agustus mendatang.

Enam Negara Tampil di Ajang PIFAF Internasional di Polewali Mandar

Sebelum pertujukan seni klosal di Satdian Hs Mengga, delegasi peserta dari enam negara mengelar karnaval kebudayaan sambil berkeliling kota polewali mandar yang dimulai dari kantor Bupati Polewlai Mandar dan finis di stadian. Setiap peserta mengenakan kostum atau pakaian tradisonal kebanggaan negara masing-masing. Ajang ini sendiri menjadi tontonan warga di sepanjang rute yang dilalui peserta karnaval.

Dalam event ini berbagai pementasan seni dan budaya ditampilkan oleh negara peserta masing-masing. Selain menampilkan seni budaya dari enam negara tersebut, event ini juga di tampilkan seni budaya lokal dan nusantara dari Indonesia diantaranya tari Reog Ponorogo, Kuda Lumping, Saiyyang Pattudduq dari sulawesi barat dan berbagai seni budaya nusantara lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Polewali Mandar, Andi Masri Masdar mengatakan, seluruh wisatawan dari ke enam negara akan di ajak berwisata ke beberapa objek wisata di Polewali Mandar. Event ini digelar untuk menarik wisatawan manca negara dan domestik untuk meningkatkan kunjungan wisata ke polewali mandar sesuai dengan nawacita presiden joko widodo.

“Event Pifafkali iin dikemas lebih berbeda agar memberi nuasna hiburan dna wsiata yang lebih menarik,”jelas Andi Masri Masdar, Kadis Pariwisata Polman

Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar Mengatakan, even pifaf yang sudah digelar selama 4 kali setiap tahunnya ini sumber dananya dari anggaran apbd polman, propinsi Sulbar dan kementerian pariwisata.

“Pifaf  yang digelar keempat kalinya ini menjadi kalender tahunan. Kegiatan ini sumber dananya dari Pemda Polewali, Propinsi dan dinas pariwisata,”jelas Andi Ibrahim Masdar, Bupati Polman

Festival seni dan kebudayaan internasional ini akan berlangsung hingga 7 Agustus mendatang. Selama sepekan setiap negara peserta pifaf akan bergantian menggelar pertujukan kesenian dan budaya negara masing-masing.  (KL-09)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *