Masuk Ke Pemukiman, Buaya Sepanjang 1,5 Meter Bikin Panik Warga

Buaya Lingkungan Nasional News
Bagikan

PASANGKAYU, LINI1.COM – Seekor buaya berukuran 1,5 meter yang masuk ke areal pemukiman menghebohkan warga Dusun Kalindu, Desa Lariang, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin (15/7/2019). Warga yang mendengar kabar ada buaya masuk ke pemukiman mereka sempat panik dan berlarian menyelamatkan diri dan anak-anak mereka karena khawatir jadi sasaran buaya ganas. Sebelumnya warag juga menemukan sejumal buaya serupa muncul di sekitar pemukiman warga. Beberapa diantaranya bahkan meangsa ternak dna ayam milik warga.

Warga dusun kalindu yang mengetahui ada buaya berukuran 1,5 meter memasuki areal pemukiman mereka, berlarian meneyelamatkan diri dan anak-anak merrka karena panik dan takut diterkam buaya ganas.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Mengetahui buaya tersebut mengancam keselamatan warga, junaid kemudian menangkap buaya tersebut denagn tangan kosong. Setelah ia berhasil menjinakkan snag  buaya yang dipercaya warga sebagai penjaga sungai, buaya ini kemudina dikembalikan warga ke habitatnya.

“Ada warag percaya kalu buaya itu muncul di pemukiman warga karena mencari keluarganya, makanya kita tangkap dan bebaskan kembaki ke sungai,”jelas Junaid, warga kalindu ayng sempat menagkap buaya ganas tersebut.

 

Masuk Ke Pemukiman, Buaya Sepanjang 1,5 Meter Bikin Panik Warga

Warga yang penasaran dan kagum menyaksikan keberanian juanid menangkap buaya seorang diri, kembali heboh saat junaid menggendong buaya tersebut untuk dilepas ke tengah habitatnya.

Meski cemas dan takut jadi sasaran amuk buaya yang sewaktu-waktu terlepas dari ikaatannya, namun warga yang penasaran tetap berkerumun mebikuti junaedi saat ia hendak mebebaskannya ke tepi sungai.

Buaya ini ini diketahui masuk ke pemukiman warga malam hari, saat warga tengah tertidur lelap. Buaya ini diduga kelaparan dan mencari mangsa hingga ke areal pemukiman warga.

Maraknya aktifitas tambang galian pasir di sepanjang muara sungai lariang diduga menyebabkan habitat buaya ini terganggu dan kesulitan mendapatkan makan.

Meski sejumlah warga memagku cemas dan resah dnegan seringnya kawana buaya muncul di sekitar pemukiman mereka, namun karena alasan menjaga kelesatarian habitat buaya ini, warga menyarankan junaedi agar melepaskan buaya tersebut ke tengah habitatnya.

Warga setempat meaku terkejut lantaran tiba-tiba menemukan seekor buaya di tengah pemukiman mereka. Warga makin panik lantaran buaya iin tak kunjung meninggalkan tempatnya atau kembali ke tengaj sungai, meski warag sudah berulang kali berusaha mengusirnya.

Karena membahayakan buaya tersebut kemudian ditangkap warga dan dikembali ke dalam sungai laraiang.  (MN-03)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *