Penomena Ribuan Ekor Ikan Penja Penuhi Pantai Babana Jadi Ajang Perburuan Warga

Lingkungan Mamuju Tengah Nasional News
Bagikan

MAMUJU TENGAH, LINI1.COM – Penomena alam menghebohkan warga Pantai Babana, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah Sulawesi Barat. Ribuan ekor ikan teri yang akrab disebut warga dengan sebutan penja bermunculan di bibir pantai, sejak tiga hari terakhir. Kemunculan ikan secara mendadak ini sontak menjadi ajang perburuan warga untuk menangkap ikan di bibir pantai. Tak ada peralatan tangkap warga menggunakan alat seadanya seperti baskom, ember, tempat nasi hingga menggunkanatanga kosong atau baju yang mereka kenakan untuk menjaring penja.

Pantai Babana di Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat mendadak ramai dipenuhi warga bebruru ikan seribu atau ikan yang akrab disebut ikan penja oleh warga setempat.  Tak hanya anak-anak, remaja tapi juga orang dewasa dna orang tua ikut bebnuru ikan penja

Penomena kemunculan ribuan ekor ikan penja di sepanjang pantai babana baru kali ini terjadi. Tak heran jika pantai babana yang selam iin sepih dna hanya tampak sejumlah nelayan tradisional berbnuru ikan, kini mendadak ramai dikunjungi warga setempat untuk berburu ikan penja sejak tiga hari terakhir.

Penomena Ribuan Ekor Ikan Penja Penuhi Pantai Babana Jadi Ajang Perburuan Warga

Tersiarnya kabar penomena kemunculan ribuan ekor ikan penja di pantai yang telah tersebar ke desa di sekitarnya membuat banyak warga desa tetanga kini ikut berburu peruntunagn mencari ikan penja di pantai banana.

Kerumunan warga sejak tiga hari terakhir di pinggir pantai babana bukan untuk refreshing atau liburan, melainkan datang berburu ikan seribu.

Mereka berbondong-bondong ke pantai untuk menangkap ikan penja. Dengan menggunakan berbagai alat tangkap seadanya, seperti tempat nasih, ember, menggunakan tangan kosong hingga memanfaatkan baju untuk berburu ikan penja. Warga rela berebdam di pantai sejak pagi hingga sore demi mengumpulka ikan ikan penja untuk jadi santapa mereka.

Cerita kemunculan ribuan ekor ikan penja di opantai ini mengundang rasa penasaran warga lainnya yang mendengar cerita sanak tetanga mereka ayng lebih dahulu bernuru ikan penja. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyrakat yang jauh dari lokasi pun kini mulai ikut serta menangkap ikan.

 

Penomena Ribuan Ekor Ikan Penja Penuhi Pantai Babana Jadi Ajang Perburuan Warga

Seperti yang di lakukan abdul muin, dirinya bersama sejumlah anaknya sengaja datang jauh-jauh untuk menagkap ikan penja yang, setelah mendengar kabar dari beberapa kerabat, jika di pantai banyak ikan seribu bermunculan.

Dalam beberapa menit abdul muin bersama anaknya sudah bisa mengakap satu karung pupuk ikan penja. Reski mendadak yang muncul di sepanjang pinggir pantai babana ini bukan untuk dijual melainkan hanya untuk dikonsumsi warga sendiri.

“Mulanya saya hanya dengar cerita dari tetangga. Karena pesanasaran saya datang bersama anak-anak, benar banyajk ikan. Bayangjan hanya bebarapa menit saja sudah ribuan ekor ikan penja saya kumpulkan dnegan mudah,”jelas , Abdul muin, warga

PENOMENA RIBUAN EKOR IKAN MENYERBU PANTAI BABANA 2A 003

Pemerintah setempat belum melakukan penelitina apa pun untuk menjelaskan penomena kemunculan ribuan ekor penja sejak tiga hari terakhir ini. Menuurt warga setempat penomena ini baru kali ini terjadi. Meski mereka sudah tiga hari bernburu ikan namun jumlah penja yang datang  berkeurumun di pantai tak kunjung berkurang.

Venomena kemunculan ribuan ekor ian penja di spenjang pantai ini jarang terjadi.  Meski sudah memasuki hari ketiga kerumunan ribuan ikan penja ini tak kunjung berkurang.

Tak heran jika pantai yang selama ini sepih dan hanya tampak satu dua nelayan yang berkatifitas mencari ikan, sejak tiga hari mendadak ramai layaknya objek wisata perburun ikan penja yang menarik perhatian warga.  (CN_08)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *