Kampung Dakwah Mengutus Dai-Dai Milenial ke Mesjid-Mesjid Hingga ke Pedalaman

Budaya Inspirasi Life Style Nasional News Pendidikan Polewali Mandar
Bagikan

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Sebuah kampung di polewali mandar, sulawesi barat yang lebih dikenal dengan kampung dakwah menggembleng dan mendidik ratusan dai-dai milenial sebagai juru dakwah dalam menyampaikan pesan-pesan islam yang damai, sejak menjelang dan selama ramadhan. Dai-dai milenial yang terlatih ini kemudian dikirim atau diutus ke mesjid-mesjid hingga ke pedalaman di polewali mandar, sulawesi barat untuk menyiarkan dakwa.

 

Kampung pendidikan atau kampung dakwah ini terletak di dusun lemo tua, desa kuajang, kecamatan binuang, kabupaten polewali mandar, sulawesi barat. Setiap hari sejak menjelang dan selama ramadhan, ratusan anak anak berkumpul sambil belajar tehnik dan tata cara berdakwah menyampaikan pesan-pesan islam secara damai di atas podium. Mereka biasanya berkumpul mulai pukul empat sore hingga menjelang waktu saat berbuka puasa.

 

Di kampung dakwah ini, generasi muda digemleng dan diajarkan tata cara berdakwah secara gratis oleh guru dan tenaga pengajar di kampung dakwah. Setelah mahir, para dai-dai milenial ini kemudian disebar ke seluruh masjid untuk menyampaikan dakwah sejak awal ramadhan untuk menyamaikan pesan atau syiar-siar islam.

 

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

 

Mereka tak hanya dikirim ke masjid-masjid di perkotaan atau kampung-kampung, namun juga berdakwah hingga keluar daerah, bahkan ke pelosok desa.

Kampung Dakwah Mengutus Dai-Dai Milenial ke Mesjid-Mesjid Hingga ke Pedalaman

Abu Bakar Kadir, Pembina agama di kampung dakwa menyebutkan pelatihan tata cara berdakwa telah diajarkan sejak menjelang dan selama ramadhan. Para calon dai milenial tersebut dilatih  tata cara berdakwa yang efektif dan komunikatif agar audiens atau pendengar bisa terlibat merasakan apa yang menjadi tema ceramah para dai tersebut.

 

“Sebelum mereka diterjunkan menjaid juru dakwah di mesjid-mesjid mereka diberi pembekalan materi dan trik-trik dakwah yang menarik agar mereka bisa menguasai panggung dan materi dakwah yang mereka smapiakan,”jelas Abu Bakar Kadir, Pembina agama di kampung dakwah

 

Kampung Dakwah Mengutus Dai-Dai Milenial ke Mesjid-Mesjid Hingga ke Pedalaman

 

Sejak didirikan pada tahun 2018 lalu, kampung dakwah ini telah menghasilkan ratusan dai cilik. Bahkan beberapa dai dari kampung dakwah ini telah berhasil memenangkan berbagai perlombaan yang digelar di berbagai daerah.

 

Selama bulan suci ramadhan, dai-dai yang dinilai telah mahir kemudian disebar ke sejumlah masjid masjid yang ada di kampung setempat. Bukan hanya berdakwah didalam kampung sendiri, namun dai cilik ini juga disebar hingga keluar kampung untuk berdakwah.

 

Selama ramadhan, pembina kampung dakwah kewalahan untuk melayani permintaan ceramah dari beberapa mesjid yang ada di kabupaten polewali mandar. Hingga kini jumlah siswa yang ada di kampung pendidikan ini jumlahnya terus bertambah dan mencapai ratusan orang.  (BN-05)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *