Bawaslu Minta Pemungutan Suara Ulang (PSU) 4 TPS di Mamuju

Demokrasi Legislatif Mamuju Nasional News Pemilu
Bagikan

MAMUJU, LINI1.COM – Pasca pemilihan umum, baik pemilihan presiden maupun pemilihan legislatif pada Rabu 17 juli 2019 pekan lalu,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat meminta Kpud Mamuju untuk menggelar pemungutan suara ulang di 4 tps yang tersebar di sejumlah lokasi di kabupaten mamuju. Bawaslu menemukan beragam modus kecurangan pemilu mulai dari pelibatan anak-anak mencoblos di tps, warga mencoblos lebih dari sekali, hingga adanya warga mencoblos menggunakan nama orang lain.

Usulan pemungutan suara ulang di empat tps di Mamuju ini lantaran pihak badan pengawas pemilu memastikan adanya banyak pelanggaran saat pemungutan suara berlangsung, Rabu pekan lalu.

Adapun tps yang diusulkan untuk melakukan pemungutan suara ulang yakni, tps 01, tps 07 Desa Botteng, Kecamatan Simboro, selain itu, dua tps lainnya yakni, tps 15 Kelurahan Karema dan tps 17 Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Anggota Bawaslu Kabupaten Mamuju, Faisal Jumalang menjelaskan, pengusulan pemungutan suara ulang di empat tps di berbagai lokasi di mamuju tersebut dilakukan berdasarkan laporan awal pengawas tingkat tps, dimana dari keempat tps ini ditemukan adanya pelanggaran berupa, warga yang melakukan pencoblosan lebih dari satu kali.

Selain itu ditemukan warga yang melakkan pencoblosan menggunakan c6 orang lain. Tidak hanya itu bawaslu juga menemukan, sejumlah anak dibawah umur melakukan pencoblosan lebih dari satu kali.

“Setelah kita kaji selama lima hari dan mengumpulkan bukti-bukti laporan, bawaslu akhirnya meyakini terjadi kecurangan pemili, hingga merekomendasikan pemilihan ulang di empat tps,”jelas Faisal Jumalang, Anggota Komisioner Bawaslu Mamuju

Bawaslu menjelaskan, meski usulan pemilihan ulang di sejumlah tps ini terlambat lantaran bawaslu harus mengumpulkan bukti – bukti yang sah, terkait dengan adanya temuan pelanggaran pemilu di sejumlah tps tersebut, namun demi kualitas pemilu yang lebih baik dan menghindari aksi protes dari pihak yang merasa dirugikan.

Bawaslu Minta Pemungutan Suara Ulang (PSU) 4 TPS di Mamuju

Faisal menambahkan selain dari 4t tps yang telah direkomendasikan bawaslu untuk melakukan pemungutan suara ulang (psu), bawaslu juga sebelumnya banyak mendapat desakan  dari tps lain untuk meknta pemikihan ulang karena ditengari sarat kecurangan, namun karena hasil penyelidikan bawaslu dinilai tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan pihak penyelenggara.

Atas dasar dan pertimbangan tersebut, bawaslu telah merekomendasikan secara resmi kepada kpud mamuju unutk menggelar pemilihan ulang di empat tps.

Bawaslu mamuju juga menghimbau kepada pihak kpu, untuk segera melakukan pemungutan suara lanjutan di sejumlah tps yang sebelumnya, terpaksa dihentikan pihak kpu lantaran ditemukan adanya sejumlah pelanggaran sata pemilihan tengah berlangsung. (MN-08)


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *