Perempuan Mandar Pilih Selamatkan Lingkungan Dengan Menanam Mangrove di Hari Kartini

Banjir Bencana Alam Cuaca Nasional News
Bagikan

POLEWALI MANDAR, LINI1.COM – Aktifis perempuan dan lingkungan di Polewali Mandar, Sulawesi barat memperingati hari Kartini dengan cara berbeda. Jika ditempat lain peringatan hari kartini identik dengan mamakai seragam kebaya atau festival fashion tradisional nusantara, para perempuan di Polewali mandar justru memaknai hari kartini dengan cara terjun langsung menyelamatkan kerusakan lingkungan, dengan cara menanam mangrove di pantai Bajoe, kecamatan Binuang Polewlai Mandar, Minggu (21/4/2019).

Ratusan aktifis perempuan dan lingungan di Polewali Mandar sulawesi barat ini sudah menceburkan diri di sepanjang pesisir pantai di kecamatan binuang, Polewali mandar, sejak Minggu pagi tadi.

Mereka merayakan hari kartini nasional dengan cara melakukan penanaman pohon mangrove, sebagai bentuk dukungan pada pelestarian lingkungan, di dusun Bajoe Desa Rea, kecamatan binuang, Polewali mandar.

Gabung Bersama di Channel Youtube Kami : Lininews1

Aktifis perempuan dna lingkungan ini meilih menyelamatkan keruskaan lingkungan di pesisir pantai Polewali Mandar yang saat iin terus mengalami keruskana akibat abrasi pantai yang terus menerjang wilayah Polewali Mandar sejak tiga tahun terakhir.

Seorang aktifisi perempuan dna lingkungan di Polewali mandar, Dian misalnya, mengaku terpanggil ikut menjadi penyelamat lingkungan denagn cara menanam pohon mangsruf di sepanjang pantai bersama aktifis perempuan dna lingkungan polewlai Mandar lainnya.

“Saya senang bisa ikut berkontribusi menyelamatkan lingkungan dengan cara nyata menanam mangrove di pantau. karena inilah salah bentuk dukungan nyata kita pada pelestarian lingkungan.” kata Dian.

Selain akasi menanam pohon mangrove, aktifis perempuan mud aPOlewali mandar ini rencananya juga aka melanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih pantai di pesisir pantai bajoe, Senin esok. Dian berharap gerakan penyelamatan lingkungan ini bisa menginsfirasi warag dna komponne masyarakayt lainnya untuk ikut bersama-sama menyelamatkan lingkungan demi masa depan kita bersama.

Perempuan Mandar Pilih Selamatkan Lingkungan Dengan Menanam Mangrove di Hari Kartini

Relawan lindungi hutan Polewali Mandar, Lengke yang juga sebagai inisiator kegiatan penanaman mangrove dalam rangka hari kartini dengan tema “Rawat Bumi” rencananya akan membuat agenda penyelamatan lingkungan ini menjadi kegiatan tahunan.

“Ke depannya kita akan rutin melakukan penanaman seperti ini. Kita bahkan mengagendakan ini mejadi kegatan tahunan, apalagi hari ini pas hari kartini jadi sangat pas.” ujar Lengke.

Selain memperingati hari kartini, aksi penyelamatan lingkungan ini juga merupakan rangkaian peringatan dari hari bumi se dunia. Aksi penanaman ribaun pohon mangrove ini sebagai bentuk kecintana kita terhadap alam semesta termasuk hutan.

 Di Polewali Mandar sendiri sejumlah kawasan pesisir pantai rusak dan hancur diterjang banjir rob, yang terus menggerus pantai polewali mandar, sejak tiga tahun terakhir. Sejumlah lokasi pantai yang mengalami keruskana paling parah antara lain Pantai Mampie, Campalagian, Bajoe dna sejumlah lokasi lainnya.  (


Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *